Akhiri Kunjungan ke Papua, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Kembali ke Jakarta

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 29 Desember 2014
Kategori: Berita
Dibaca: 24.069 Kali
Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana melambaikan tangannya kepada warga yang melepas kepergiannya di Pangkalan TNI AU, Biak, Papua Barat, Senin (29/12)

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana melambaikan tangannya kepada warga yang melepas kepergiannya di Pangkalan TNI AU, Biak, Papua Barat, Senin (29/12)

Setelah berkunjung sejak Sabtu (27/12) lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana meninggalkan Tanah Papua dari Pangkalan TNI AU Manuhua, Biak Numfor, Papua Barat, Senin (29/12) siang.

Sebelum meninggalkan Papua, Presiden Jokowi menyempatkan diri mengunjungi Bandar Udara Frans Kaisiepo, yang pernah menjadi pusat penerbangan pada masa penjajahan Belanda di Indonesia dan pada masa pembebasan Irian Barat.

Presiden Jokowi menginginkan untuk memperbesar Bandar Udara Frans Kaisiepo ini agar bisa dipakai untuk penerbangan internasional.

“Ini segera kita lihat kalau memang memungkinkan akan coba kita tarik lagi agar dari sini bisa ke internasional negara lain,” jelas Jokowi.

Presiden juga menilai, besarnya potensi perikanan di wilayah sekitar Biak Numfor sebagai salah satu alasan perlunya memperbesar luas Bandar Udara Frans Kaisiepo.

“”Industri perikanan perlu dikembangkan karena memang sekitar Biak ini kekuatan perikanan lautnya sangat besar sekali,” ujar Jokowi.

Hadiri Natal Nasional 2014

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, sejak Sabtu (27/12), Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Widodo telah berkunjung ke Pulau Papua. Agenda utama kunjungan kerja Presiden ke Papua adalah menghadiri Perayaan Natal Bersama Nasional 2014, yang diselenggarakan di Stadion Mandala, Jayapura.

Namun selain menghadiri Perayaan Natal Nasional 2014, selama berada di Papua, Presiden Jokowi dan Ibu Negara juga meresmikan peletakan batu pertama pembangunan Pasar Pharaa dan Pasar Mama-Mama di Sentani, Jayapura.

Selain itu, Presiden Jokowi juga bertemu dengan para relawan, dan mengunjungi lokasi proyek pembangunan Jembatan Holtekamp, yang menghubungkan Pulau Toubati Enggros dengan kawasan Holtekamp? di Jayapura.

Dari Jayapura, Presiden Jokowi dan rombongan terbang ke Wamena guna bertemu dan berdialog dengan took adat Lembah Baliem. Selanjutnya, dari Wamena, Presiden Jokowi terbang ke Sorong untuk melihat proyek pembangunan Pasar Rufei dan Pelabuhan Pelni, serta berdialog dengan tokoh adat setempat pada Minggu – Senen.

Selanjutnya, setelah berkunjung ke kampung nelayan di di Distrik Malawei, Sorong, dan berdialog dengan Kepala Daerah, Tokoh Adat dan Agama Papua Barat, yang dilaksanakan di kantor Walikota Sorong, pagi tadi, Presiden Jokowi dan rombongan langsung menuju Pangkalan TNI AU Manuhua, Biak Numfor, Papua Barat, untuk kembali ke Jakarta.

Tampak mendampingi Presiden Jokowi dalam kunjungan ini antara lain Menteri Perdagangan Rahmat Gobel dan Sekretaris Kabinet Andi Wijayanto.

Pesawat kepresidenan yang membawa rombongan Presiden Jokowi dan rombongan dijadwalkan akan mendarat di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada Senin (29/12) sekitar pukul 13.15 WIB. (*/ES)

 

Berita Terbaru