Amanat Presiden Joko Widodo pada Peringatan Hari Pramuka ke-54, di Bumi Perkemahan Cibubur, 16 Agustus 2015

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 16 Agustus 2015
Kategori: Transkrip Pidato
Dibaca: 24.319 Kali

Logo PidatoBismillahirrahmanirrahim,
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Selamat sore, salam sejahtera bagi kita semua.

Yang saya hormati seluruh pimpinan kwarnas, pimpinan kwarda gerakan pramuka seluruh Indonesia dari Sabang sampai Merauke,
Yang saya hormati duta besar negara-negara sahabat, para menteri Kabinet Kerja, seluruh perwakilan organisasi internasional,
Kakak-kakak, adik-adik pramuka yang saya cintai dan yang saya banggakan,
Para pembina, penegak, dan penggalang,
Para tamu undangan yang berbahagia,
Hadirin yang saya hormati,

Salam pramuka!
Tepuk pramuka!
Sekali lagi, tepuk pramuka!

Pertama-tama saya ingin menyampaikan ucapan selamat ulang tahun yang ke-54 kepada gerakan pramuka di seluruh tanah air serta di kantor-kantor perwakilan di luar negeri. Semoga peringatan hari pramuka yang ke-54 tahun 2015 ini dapat menjadi momentum untuk meningkatkan peran dan sumbangsih gerakan pramuka bagi bangsa dan negara, seperti tadi yang disampaikan oleh Kakak Adhyaksa Daud, Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka. Dan terutama dalam membangun tunas-tunas muda agar memiliki watak, agar memiliki kepribadian, agar memiliki karakter, agar memiliki jati dari sebagai tunas-tunas muda yang kokoh.

Saya menyambut baik tema peringatan hari pramuka ke-54 tahun 2015 ini, “Pramuka garda terdepan pelaku perubahan dalam pembentukan karakter kaum muda”. Tema ini sangat tepat dengan semangat dan tekad kita bersama untuk mewujudkan amanat cita-cita proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945. Cita-cita kemerdekaan adalah membangun manusia Indonesia yang merdeka jiwanya dan merdeka juga raganya. Untuk itu, membangun suatu bangsa bukan semata-mata pembangunan fisik atau raganya, namun sesungguhnya adalah membangun jiwa bangsa. Bahkan keberlangsungan hidup kita sebagai suatu bangsa sangat ditentukan oleh kemampuan kita semua menjaga jiwa bangsa menjaga karakter bangsa. Insya Allah, bangsa yang berkarakter, bangsa yang berkepribadian, tidak akan mudah terombang-ambingkan di tengah-tengah samudera perubahan zaman. Itulah pentingnya gerakan pramuka menjadi bagian terdepan dari gerakan perubahan dalam pembentukan karakter bangsa.

Hadirin peserta upacara yang saya hormati,
Sebagai garda terdepan gerakan perubahan, gerakan pramuka harus menjadi teladan, menjadi contoh bagi perubahan mentalitas bangsa. Gerakan pramuka harus menjadi pelopor perwujudan nilai-nilai integritas, nilai-nilai kesantunan, nilai-nilai tata krama, nilai-nilai budaya saling menghargai, nilai-nilai etos kerja, dan semangat gotong royong. Lakukan perubahan mulai dari lingkungan terdekat Saudara-saudara sekalian. Ajak teman-teman, para sahabat yang lain untuk bergabung dalam gerakan perubahan ini. Buktikan bahwa perubahan itu nyata dan bisa dilakukan, bisa dilakukan oleh siapa siapa saja, setiap anak bangsa.

Saudara-saudara harus menjadi contoh pembawa mentalitas yang optimis bukan justru ikut-ikutan lembek dan pesimis. Saya yakin langkah-langkah perubahan untuk membangun jiwa bangsa ini akan menjadi besar dan memperbesar apabila di sokong oleh seluruh rakyat Indonesia.

Saudara-saudaraku gerakan pramuka di seluruh tanah air,
Saya berharap gerakan pramuka menggunakan momentum peringatan ulang tahun ke-54 ini untuk mengevaluasi diri, sejauhmana pramuka sudah betul-betul menjadi gerakan yang keberadaannya dirasakan manfaatnya oleh rakyat. Sejauhmana kiprah dan sumbangsih dirasakan ikut mewarnai watak dan kepribadian anak-anak bangsa. Untuk itu, saya mendorong revitalisasi gerakan pramuka.

Untuk melakukan revitalisasi dibutuhkan kerja keras kita bersama, bukan hanya menjadikan gerakan pramuka bagian terpenting pendidikan karakter bangsa dalam sistem pendidikan nasional, namun juga perlu dilakukan langkah-langkah terobosan, langkah-langkah inovasi agar gerakan pramuka tetap diminati, agar gerakan pramuka tetap disukai, agar gerakan pramuka tetap relevan di mata generasi muda. Sangat sulit membayangkan gerakan pramuka bisa menjadi garda terdepan perubahan tanpa keterlibatan dan digerakkan oleh anak-anak muda. Untuk itu, saya berpesan kwarnas gerakan pramuka, kwarda gerakan pramuka, terus menerus memikirkan cara-cara yang kreatif untuk membuat adik-adik kita, anak-anak kita mencintai pramuka.

Hadirin sekalian, anak-anakku, kakak-kakak, adik-adik anggota gerakan pramuka yang saya banggakan,
Mengakhiri amanat ini, sekali lagi saya ingin menyampaikan pesan dan harapan kepada anak-anakku, kakak-kakak, dan adik-adik anggota pramuka di seluruh tanah air, jadilah anggota pramuka yang memiliki mental dan kepribadian yang kuat, pantang menyerah, disiplin, inovatif, dan senantiasa bekerja keras. Selanjutnya jaga dan mantapkan nilai-nilai Pancasila, nilai-nilai Tri Satya, nilai-nilai Dasadharma Pramuka dalam sanubari kalian. Yang paling penting adalah, agar kalian semua merasa bangga menjadi anggota pramuka.

Jayalah pramuka dan jayalah Indonesia raya!
Dirgahayu gerakan pramuka!
Salam pramuka!

Tepuk pramuka!
Sekali lagi tepuk pramuka!

Terima kasih.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

(Humas Setkab)

Transkrip Pidato Terbaru