Amanat Presiden Joko Widodo pada Upacara Pelantikan Pamong Praja Muda Lulusan Institut Pemerintahan Dalam Negeri  Angkatan XXV Tahun 2018, 27 Juli 2018, di Graha Wijaya Praja, Kampus IPDN Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 27 Juli 2018
Kategori: Transkrip Pidato
Dibaca: 4.378 Kali

Logo-Pidato2Bismillahirrahmanirrahim.
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Selamat pagi.
Salam sejahtera bagi kita semuanya.
Om swastiastu.
Namo Buddhaya.
Salam Kebajikan.

Yang saya hormati para Menteri Kabinet Kerja, Gubernur Jawa Barat;
Yang saya hormati Rektor IPDN, para dosen, para pelatih, dan para pengasuh;
Yang saya hormati para orang tua dari seluruh Pamong Praja Muda;
Yang saya hormati, yang saya banggakan, teristimewa para Pamong Praja Muda;
Hadirin tamu undangan yang berbahagia.

Saya akan memulai dengan yel-yel IPDN.
Bhinneka Nara Eka Bhakti!
Bhinneka Nara Eka Bhakti!
Bhinneka Nara Eka Bhakti!

Pada kesempatan yang berbahagia ini, atas nama pribadi, atas nama masyarakat, atas nama bangsa dan negara, saya ingin menyampaikan selamat atas pelantikan Saudara-saudara sebagai Pamong Praja Muda. Selamat menyandang status baru dengan segala hak dan kewajiban yang melekat padanya.

Saya sangat paham untuk bisa dilantik di acara ini perjuangan Saudara-saudara sangatlah tidak ringan, sangatlah berat. Saudara-saudara harus melewati saringan, melewati perjuangan panjang yang sangat berat. Saya sangat paham, untuk bisa diterima sebagai Praja IPDN, Saudara-saudara harus melalui saringan yang sangat ketat, mulai dari daerah sampai ke pusat. Dan selama menjadi Praja IPDN, perjuangan pun sangat berat. Saudara-saudara harus menjalani gemblengan-gemblengan di kampus-kampus regional, serta di Kesatrian Manglayang ini.

Saya juga sangat paham bahwa ketahanan mental dan ketahanan fisik Saudara-saudara sangatlah prima karena gemblengan tadi. Kebangsaan dan ke-Indonesia-an Saudara-saudara tidak bisa diragukan lagi. Dan kecakapan Saudara-saudara menjadi harapan masyarakat untuk melayani masyarakat dan untuk mendorong kesejahteraan rakyat.

Sekali lagi, saya mengucapkan selamat dan saya bangga bisa melantik Saudara-saudara sebagai Pamong Praja Muda pagi hari ini.

Para Pamong Praja Muda, hadirin yang berbahagia,
Pelantikan ini bukanlah semata sebuah kenaikan status. Pelantikan ini adalah juga peneguhan kewajiban dan tanggung jawab Saudara-saudara. Saudara-saudara harus menjadi Pamong Praja yang mengabdi pada bangsa dan negara. Saudara-saudara harus menjadi Pamong Praja yang menjaga Pancasila, yang meningkatkan dan mendorong kesejahteraan seluruh rakyat, yang mengantarkan dan mendorong kemajuan dan kejayaan Indonesia.  Harus Saudara-saudara ingat, bahwa Saudara adalah masa depan pemerintahan, mulai dari tingkat pusat, tingkat kabupaten, sampai tingkat pelosok, desa-desa, dan penentu reformasi di instansi yang nanti kalian ditugaskan. Tangan kalianlah yang akan menjalankan adaptasi dan reformasi itu. Hati kalianlah yang akan merawat kedekatan dengan rakyat dan yang melayani rakyat. Tekad kalianlah yang akan memperkokoh Pancasila, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Hari ini adalah sebuah permulaan bagi perjalanan darmabaktimu untuk negeri ini, pengabdianmu untuk Ibu Pertiwi, dan perjuanganmu untuk kemajuan Indonesia. Mulai sekarang ini saatnya Saudara-saudara untuk menunjukkan prestasi sebagai Pamong Praja yang melayani rakyat. Tunjukkan integritas, tunjukkan loyalitas kepada masyarakat, kepada bangsa, dan kepada negara. Tunjukkan kecerdasan, kecepatan, dan ketangkasanmu untuk menghadapi perubahan-perubahan zaman. Tunjukkan kemampuanmu untuk memberikan rasa keadilan dan rasa kesejahteraan. Menjadi Pamong Praja akan membuka ladang pengabdian yang membanggakan, pengabdian untuk ideologi negara kita Pancasila, untuk NKRI dan konstitusi kita, serta Bhinneka Tunggal Ika, serta untuk Indonesia maju yang semakin jaya.

Saudara-saudara Pamong Praja Muda yang berbahagia,
Kehormatan yang Saudara-saudara terima saat ini dan kehormatan yang Saudara-saudara terima yang akan datang, sebagian merupakan hasil jerih payah Saudara-saudara. Namun Saudara-saudara tidak mungkin memperoleh penghormatan ini jika tidak ada pengorbanan dari para orang tua Saudara-saudara semuanya, jika tidak ada ketekunan dan dedikasi dari para dosen, para pelatih, dan para pengasuh Saudara-saudara, jika tidak ada dukungan dari negara dan pemerintah, dan jika tidak ada hamparan kesempatan dari Ibu Pertiwi.

Inilah saatnya Saudara-saudara bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala anugerah-Nya. Inilah saatnya Saudara-saudara bersimpuh kepada Ibu Pertiwi, berjanjilah untuk memberikan yang terbaik untuk Indonesia. Inilah saatnya Saudara-saudara bersimpuh kepada orang tua Saudara-saudara dan berterima kasih atas segala pengorbanannya.

Selamat bertugas para Pamong Praja Muda Indonesia. Teruslah belajar mengikuti perkembangan zaman. Jaga integritasmu sebagai pelayan masyarakat. Jaga kehormatan dirimu sebagai abdi negara. Buatlah orang tuamu bangga, buatlah Indonesia maju dan berjaya. Indonesia menunggu darmabaktimu.

Terima kasih.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Transkrip Pidato Terbaru