Anggap Peradaban Baru, Presiden Jokowi: Pengeboran Terowongan MRT ‘On Schedule’

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 8 Oktober 2015
Kategori: Berita
Dibaca: 37.795 Kali
Presiden Jokowi didampingi Gubernur DKI Jakarta meninjau pembangunan pengeboran MRT, di kawasan Senayan, Jakarta, Kamis (8/10) pagi

Presiden Jokowi didampingi Gubernur DKI Jakarta meninjau pembangunan pengeboran MRT, di kawasan Senayan, Jakarta, Kamis (8/10) pagi

Sebelum memulai rangkaian kunjungan kerjanya ke sejumlah daerah di Pulau Sumatera, Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN&RB) Yuddy Chrisnandi dan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) meninjau perkembangan pengeboran terowongan MRT di Patung Pemuda Senayan, Jakarta, Kamis (8/10) pagi.

“Dulu kan memang baru pada posisi ditata tunnel boringnya. Sekarang kan sudah bekerja. Kita ingin melihat sebetulnya bekerjanya tunnel boring ini sehari dapat berapa. Kemudian sistem untuk terowongannya di dalam seperti apa,” kata Presiden Jokowi.

Presiden menilai pembangunan MRT itu sebagai peradaban baru. Ia mengatakan, kita memasuki peradaban baru, peradaban transportasi massal di bawah tanah.

“Ini sejarah, oleh sebab itu harus kita lihat betul. Termasuk juga regulasinya, semuanya baru. Ruang bawah tanah itu seperti apa, kepemilikannya seperti apa. Saya ingin pekerjaan subway MRT betul-betul tidak ada masalah,” tutur Jokowi.

Presiden menangku senang dengan pembangunan MRT itu karena di sini banyak sekali transfer of knowledge, transfer of technology. “Jadi ini memberikan wawasan baru bagi tenaga-tenaga ahli kita, insinyur-insinyur kita, baik dalam pembuatan terowongan yang dibor langsung kemudian diberi blok semen, langsung jadi terowongan,” ujarnya.

Apakah ke depan pemanfaatan ruang bawah tanah akan dimaksimalkan? “Sekali lagi ini perlu regulasi baru, perlu peraturan baru. Nanti Pak Gubernur DKI menyiapkan juga, tapi secara nasional kita juga harus menyiapkan, karena saya kira ke depan pemanfaatan ruang-ruang bawah tanah akan sangat banyak di kota-kota besar di Indonesia,” kata Presiden.

Mengenai pembangunan MRT itu sendiri, menurut Presiden Jokowi, ia sudah menanyakan ke Dirut PT MRT, bahwa pekerjaan pengeboran ini masih sesuai schedule, tidak ada masalah.

(DND/DNS/FID/ES)

Berita Terbaru