APEC CEO Summit di Moscone West, San Francisco, Amerika Serikat, 16 November 2023

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 16 November 2023
Kategori: Sambutan
Dibaca: 483 Kali

Sambutan Presiden Joko Widodo pada APEC CEO Summit di Moscone West, San Francisco, Amerika Serikat, 16 November 2023

Selamat pagi Bapak-Ibu para pemimpin perusahaan, para CEO.

Kita tahu ekonomi dunia diprediksi masih agak suram, tapi tidak berarti sudah tidak ada peluang. Dan salah satu peluang besar itu ada di Indonesia. IMF memprediksi ekonomi Indonesia tumbuh mencapai 5 persen di tahun 2023, dan di tahun 2024 diperkirakan 5,1 persen. Artinya, berinvestasi di Indonesia merupakan pilihan tepat, merupakan pilihan yang menjanjikan.

Indonesia memiliki potensi yang besar, kekayaan sumber daya alam, bonus demografi, pasar yang besar, stabilitas ekonomi terjaga, stabilitas politik terjaga, dan yang paling penting komitmen kuat untuk menciptakan iklim investasi yang kondusif dan kompetitif.

Ada beberapa sektor prioritas kami, yang pertama, hilirisasi industri. Sebagai pemilik cadangan nikel terbesar di dunia dan beragam mineral kritis lainnya, Indonesia tengah berproses membangun ekosistem EV terintegrasi dan menargetkan memproduksi 600 ribu mobil listrik di tahun 2030, yang akan kita mulai tahun depan. Beragam insentif dan fasilitas telah disiapkan, dan saya berharap pebisnis APEC dapat mengambil bagian besar di sektor ini.

Yang kedua, transisi energi. Energi hijau untuk mewujudkan ekonomi hijau adalah masa depan dunia. Dan, Indonesia memiliki potensi yang luar biasa. 3.600 gigawatt energi baru terbarukan, dan tengah dibangun 30.000 hektare green industrial park di mana untuk pengembangannya dibutuhkan investasi, dibutuhkan pengetahuan, dibutuhkan teknologi terkini untuk menghasilkan nilai tambah, sekaligus menyejahterakan masyarakat secara berkelanjutan.

Ketiga, pembangunan ibu kota baru Nusantara. Kota pintar berbasis hutan dan alam, 70 persen area hijau, 80 persen transportasi publik berbasis energi hijau yang terbuka di berbagai sektor, infrastruktur, transportasi, teknologi, pendidikan, energi, keuangan, pariwisata, kesehatan, dan perumahan.

Yang terakhir, ini adalah waktu yang tepat untuk berinvestasi di Indonesia. Dan, saya harap Bapak-Ibu dapat memanfaatkan peluang ini dengan lebih agresif dan lebih cepat. Indonesia is your best partner for business, so visit Indonesia, invest in Indonesia, trade with Indonesia.

Thank you, terima kasih.

Sambutan Terbaru