Apresiasi Bantuan 5.000 Metrik Ton Beras, Presiden Maithripala Undang Presiden Jokowi ke Sri Lanka

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 8 Maret 2017
Kategori: Berita
Dibaca: 29.297 Kali
Presiden Jokowi dan Presiden Sri Lanka Maithripala Sirisena melakukan pembicaraan veranda talk, di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (8/3) siang. (Foto: Rahmat/Humas)

Presiden Jokowi dan Presiden Sri Lanka Maithripala Sirisena melakukan pembicaraan veranda talk, di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (8/3) siang. (Foto: Rahmat/Humas)

Presiden Sri Lanka Maithripala Sirisena mengaku sangat tersentuh dengan sambutan hangat, kemurahan hati, keramahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan masyarakat Indonesia kepada dirinya dan delegasi.

“Saya menyampaikan salam hangat dari masyarakat Sri Lanka kepada masyarakat Indonesia. Terima kasih untuk keramahan yang diberikan kepada saya dalam kunjungan kenegaran ini, setelah beberapa dekade,” kata Presiden Maithripala Sirisena dalam keterangan pers bersama Presiden Jokowi, di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (8/3) siang.

Menurut Presiden Maithripala Sirisena, Sri Lanka dan Indonesia memiliki hubungan sejarah yang panjang. Sri Lanka dan Indonesia, lanjut Maithripala Sirisena, telah menjadi partner dalam banyak inisiatif Internasional seperti Konferensi Kolombo, KAA Tahun 1955, dan Gerakan Non Blok

“Kami mewarisi Samudera Hindia. Saya mengapresiasi (mengucapkan selamat) atas kepemimpinan Presiden Joko Widodo dalam IORA (Indian Ocean Rim Association) dan pertemuan para pemimpin yang baru saja berakhir,” ujar Maithripala.

Dalam kesempatan itu, Presiden Maithripala Sirisena menyampaikan rasa syukur atas pemberian bantuan beras dari Indonesia, yang diberikan Presiden Joko Widodo sebanyak 5.000 Metrik Ton kepada warga Sri Lanka

“Saya berterima kasih kepada pemerintah Indonesia atas bantuan persahabatan kepada Sri Lanka yang saat ini membutuhkan,” tegas Maithripala.

Dalam pembicaraan dengan Presiden Joko Widodo, menurut Presiden Maithripala, telah dicapai kesepakatan beberapa langkah kerja sama konkrit untuk meningkatkan hubungan dan kemitraan kedua negara.

Kedua negara, kata Presiden Maithripala, akan bekerja sama untuk memperkuat ekonomi, keterlibatan kerja sama di bidang pertanian dan ketahanan pangan, kelautan dan perikanan, penanganan bencana, transfer teknologi di bidang kereta api, aviation, pariwisata, kesehatan, pendidikan dan riset, pengembangan keterampilan, dan pelatihan vokasional, industri kabel, pertahanan dan keamanan, serta kepentingan bersama lainnya.

Presiden Maithripala Sirisena juga mengundang Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kenegaraan ke Sri Lanka dalam waktu dekat. “Saya menantikan kedatangan (Presiden Joko Widodo) untuk melanjutkan diskusi guna mengkonsolidasikan lebih lanjut hubungan kita di tahun-tahun mendatang,” pungkasnya. (DNA/RAH/ES)

 

Berita Terbaru