Arahan Presiden Joko Widodo pada Upacara Pelepasan Kontingen Olimpiade Indonesia Tahun 2016, 22 Juni 2016 Pukul 09.30 WIB, di Halaman Depan Istana Merdeka, Jakarta

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 22 Juni 2016
Kategori: Transkrip Pidato
Dibaca: 5.446 Kali

Logo-Pidato2Bismillahirrahmanirrahim,
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Selamat pagi, salam sejahtera bagi kita semuanya.

Saudara-saudara sekalian yang saya hormati,
Tahun 1952, 64 tahun yang lalu, kita untuk pertama kali mengikuti olimpiade di Helsinki, Finlandia. Semangat para atlet Indonesia, semangat para pelatih, saya membayangkan waktu itu pasti luar biasa. Dan saya percaya, semangat yang sama juga bergelora di dada Saudara-saudara Tim Indonesia yang sekarang ini yang akan berangkat ke Rio de Janeiro. Dan semangat untuk memberikan yang terbaik bagi Indonesia, untuk mengharumkan Indonesia di pentas dunia.

Informasi yang saya terima, sampai saat ini kita sudah mendapatkan 27 medali di olimpiade. Saya menanti siapa yang nanti akan mendapatkan medali yang ke-28, ke-29, ke-30, dan seterusnya. Itu sangat membanggakan bangsa dan negara dan rakyat Indonesia.

Para atlet yang saya cintai,
Yang lebih penting dari medali, saya harap para atlet semua bisa menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia adalah bangsa yang besar, bangsa yang tangguh, bangsa yang sanggup bersaing, bangsa yang bermental pemenang. Tunjukkan bahwa bangsa Indonesia bisa selalu menjaga fair play, disiplin, dan tidak jumawa. Sebab saya percaya, semua orang Indonesia mempunyai nilai-nilai keutamaan tersebut, hanya saja masih banyak yang terpendam. Jadi saat menunjukkan nilai-nilai keutamaan itu di pentas olimpiade, saya harap bisa menjadi inspirasi bagi kita semuanya, bagi rakyat Indonesia.

Terakhir, saya mengucapkan selamat berjuang mengharumkan nama Indonesia. Dari tanah air saya menanti lagu Indonesia Raya berkumandang di Rio de Janeiro.  Selamat berjuang!

Terima kasih,
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Transkrip Pidato Terbaru