ASCC Hasilkan Komitmen Dukung ASEAN sebagai Epicentrum of Growth

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 30 Agustus 2023
Kategori: Berita
Dibaca: 730 Kali

Menko PMK Muhadjir Effendy (ketiga kanan) memimpin sidang ke-30 ASCC, di Jakarta, Selasa (29/08/2023). (Foto: ANTARA Foto)

Sidang ke-30 Dewan Menteri Pilar Sosial Budaya ASEAN (The 30th ASEAN Socio-Cultural Community/ASCC) 2023 menyepakati lima dokumen yang selanjutnya akan dibahas dan disepakati pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN 2023 pada 5-7 September 2023 di Jakarta.

Sidang ke-30 ASCC ini dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) RI, Muhadjir Effendy selaku ketua dan dihadiri oleh menteri bidang sosial budaya negara anggota ASEAN, Timor-Leste sebagai observer, dan Sekretaris Jenderal ASEAN.

Lima dokumen yang akan dibawa ke KTT ke-43 ASEAN untuk diadopsi yaitu terkait pembangunan inklusif disabilitas, perubahan iklim, kesetaraan gender dan pembangunan keluarga, pendidikan anak usia dini, serta ketahanan berkelanjutan.

Selain itu, terdapat 21 dokumen pada berbagai isu sosial-budaya yang akan dinotasi dalam pertemuan KTT ke-43 ASEAN. Seluruh dokumen ini mendukung tema Keketuaan Indonesia di ASEAN 2023, “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth”. Pertemuan juga menegaskan prioritas pembahasan ASEAN Vision 2045 dan dokumen pendukungnya dari Pilar Sosial Budaya ASEAN.

“Kita telah mencapai kemajuan besar dalam memajukan ASEAN yang inklusif, berkelanjutan, dan berpusat pada masyarakat. Tercermin melalui inisiatif-inisiatif yang dilaksanakan pada tahun ini dan dokumen-dokumen hasilnya yang diserahkan untuk diadopsi atau dinotasi pada KTT ASEAN ke-43,” ujar Muhadjir.

Selanjutnya, Laos akan menjadi Ketua ASCC dan Ketua ASEAN tahun 2024. Pertemuan ke-31 ASCC akan diselenggarakan pada 25-26 Maret 2024 di Luang Prabang, Laos. (TIM KOMUNIKASI & MEDIA KTT KE-43 ASEAN/UN)

Berita Terbaru