Atasi Pelemahan Rupiah, Presiden Jokowi Ajak Masyarakat Beli Produk Lokal

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 25 Agustus 2015
Kategori: Berita
Dibaca: 22.652 Kali

Rupiah DollarPelemahan nilai tukar rupiah yang sudah menembus angka Rp 14.000 per dollar AS sejak Senin (24/8) kemarin dinilai oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah diluar kebiasaan. Untuk itulah, Presiden Jokowi mengundang sejumlah pengusaha ke Istana Kepresidenan, di Bogor, Jabar, Senin (24/8), untuk melakukan terobosan.

“Pelemahan Rupiah sudah diluar kebiasaan. Kemarin saya ajak dunia usaha bersama pemerintah lakukan terobosan,” kata Presiden Jokowi melalui akun twitternya @Jokowi yang diunggahnya Selasa (25/8) beberapa saat lalu.

Terkait dengan pelemahan nilai tukar rupiah itu, Presiden Joko Widodo mengajak semua lapisan masyarakat untuk bahu membahasi mengatasinya.

“Ayo bahu membahu atasi pelemahan rupiah dengan cara beli produk lokal,” tulis Jokowi dalam akun twitternya.

Sebelumnya seusai mengikuti rapat terbatas yang dipimpin oleh Presiden Jokowi yang dihadiri oleh sekitar 25 pengusaha nasional terkemuka, Menko Perekonomian Darmin Nasution memberi saran jitu dalam menghadapi gejolak pelemahan rupiah, yang kini sudah menembus angka Rp 14.000 per dollar AS.

“Sebetulnya, satu-satunya jawaban yang jitu adalah jangan ikuti iramanya tapi ambil posisi lawannya,” kata Darmin di Istana Kepresidenan Bogor, Jabar, Senin (24/8).

Menurut Menko Perekonomian, yang pertama yang harus dilakukan adalah meningkatkan pengeluaran pemerintah terutama belanja modal, karena belanja modal masih 20an persen sampai hari ini

Yang kedua, lanjut mantan Gubernur Bank Indonesia (BI) itu, adalah mendorong investasi.

Dalam rangka mendorong investasi itu, menurut Darmin, bukan hanya mengundang investor dalam negeri, dan luar, Presiden juga menyampaikan akan melakukan deregulasi besar-besaran di setiap departemen. Hal ini dilakukan agar investasi bisa lebih lancar dan ekonomi bisa bergerak, tidak sekadar hanyut mengikuti perlambatan ekonomi. (ES)

 

Berita Terbaru