Bahas Kapolri dan Perppu KPK, Presiden Jokowi Akan Penuhi Undangan Pimpinan DPR

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 1 April 2015
Kategori: Berita
Dibaca: 43.375 Kali
Menko Polhukam Tedjo Edhi Purdijatno dan Mendagri Tjahji Kumolo menemui pimpinan DPR-RI, di Senayan, Jakarta, Rabu (1/4)

Menko Polhukam Tedjo Edhi Purdijatno dan Mendagri Tjahji Kumolo menemui pimpinan DPR-RI, di Senayan, Jakarta, Rabu (1/4)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyanggupi untuk memenuhi undangan pimpinan DPR-RI  untuk melakukan konsultasi terkait 3 (tiga) hal, yaitu masalah pencalonan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri), Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) tentang Pimpinan KPK dan masalah APBN Perubahan.

Kesediaan Presiden itu disampaikan Menko bidang Politik Hukum dan Keamanan (Polhukam) Tedjo Edhy Purdijatno seusai bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menemui pimpinan DPR-RI, di ruang kerja Lantai III, Gedung Nusantara III, Senayan, Jakarta, Rabu (1/4) pagi.

Kehadiran Menko Polhukam dan Mendagri menemui pimpinan DPR-RI itu sendiri dimaksudkan untuk menindaklanjuti undangan Pimpinan DPR RI kepada Presiden Jokowi.

Semula, DPR-RI berharap bisa bertemu Presiden Jokowi pada Rabu (1/4) ini. Namun, menurut Menko Polhukam Tedjo Edhi Purdijatno, Presiden Jokowi hari ini sudah memiliki agenda lain, yaitu menerima penjelasan terkait persiapan pelaksanaan Konferensi Asia Afrika, di Jakarta dan Bandung, pada 19-24 April mendatang.

Kunjungan Balasan

Sementara itu Ketua DPR-RI Setya Novanto mengatakan, undangan konsultasi kepada Presiden Jokowi dilayangkan sebagai balasan atas kehadiran pimpinan DPR-RI menemui Presiden Jokowi, di Istana Negara, beberapa waktu lalu.

“Rapat konsultasi akan dihadiri juga oleh pimpinan fraksi di DPR serta pimpinan komisi terkait materi yang akan dibahas,” kata Novanto.

Adapun mengenai waktu pelaksanaan kehadiran Presiden Jokowi memenuhi undangan konsultasi DPR-RI, Setya Novanto menyerahkannya kepada pemerintah. Namun, menurut Menko Polkam Tedjo Edhi Purdijatno, kalau tidak Kamis (2/4) ya mungkin Senin (6/4) mendatang.

“Presiden Jokowi sudah menyanggupi akan mengadakan kunjungan balasan kalau tidak besok (Kamis 2/4) atau Senin (6/4),” kata Menko Polhukam.

Mengenai materi yang akan dibicarakan, Menko Polhukam Tedjo Edhi Purdijatno enggan menyampaikannya kepada wartawan. Ia hanya menyebutkan, dalam konsultasi nanti akan dibahas soal Perppu pencalonan Kapolri dan Perppu Plt Pimpinan KPK serta APBN-Perubahan berkaitan anggaran pilkada serentak Desember 2015.

“Saya tidak menjelaskan materinya, sebab akan dijelaskan langsung oleh Presiden. Hasil pertemuan ini akan kami sampaikan kepada Presiden dan dalam konsultasi nanti akan didampingi menteri terkait,” kata Tedjo.

Saat menerima Menko Polhukam dan Mendagri, pimpinan DPR-RI yang hadir adalah Ketua DPR Setya Novanto, Wakil Ketua DPR Agus Hermanto, Taufik Kurniawan dan Fadli Zon

(*/ANT/ES)

Berita Terbaru