Bandara Sam Ratulangi Manado Ingin Beroperasi 24 Jam

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 4 Januari 2016
Kategori: Nusantara
Dibaca: 10.662 Kali

Bandara ManadoBandara Internasional Sam Ratulangi Manado, Sulawesi Utara, berencana memperpanjang jam operasional menjadi 24 jam. Kepala Otoritas Bandara Wilayah VIII Manado mendukung rencana tersebut, karena para prakteknya operasional Bandara Sam Ratulangi sudah 24 jam.

General Manager PT Angkasa Pura 1 Bandara Sam Ratulangi, Halendra Waworuntu menjelaskan, resminya jam operasional Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado adalah dari pukul 06.00 hingga 23.00 WITA.

Namun pada kenyataannya, Bandara Sam Ratulangi sering kali baru tutup diatas pukul 00.01 WITA dini hari. Pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 606 dari Jakarta, landing pukul 22.50 WITA. Sedangkan pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT 730 dari Balikpapan yang dijadwalkan landing pukul 22.45 WITA lebih sering delay dan tiba di Manado diatas jam 23.00 WITA.

‘’Kita kan harus tetap menunggu sampai pesawat landing. Karena tidak mungkin kita tutup bandara sesuai jam operasional, sedangkan pesawat sedang bergerak dari Balikpapan atau Makassar menuju Manado,’’ jelas Halendra.

Sementara itu penerbangan pertama dari Manado adalah pesawat Garuda dengan nomor penerbangan GA 606 dengan tujuan Jakarta yang terbang pada pukul 06.00 WITA. Karena penjualan tiket domestik harus sudah dilakukan 2 jam sebelum penerbangan, otomatis bandara sudah dibuka pukul 04.00 WITA.

Ada beberapa divisi di Bandara Sam Ratulangi yang sudah beroperasi 24 jam, seperti divisi ATC, teknik karena ATC tetap memonitor pergerakan pesawat di atas wilayah Manado dan sekitarnya. Demikian halnya listrik juga dinyalakan selama 24 jam. ‘’Jadi, kenapa tidak sekalian kita beroperasi 24 jam saja. Dengan demikian kita siap menerima pesawat yang akan take off dan landing kapan pun juga,’’ jelas Halendra.

Namun, diakui Halendra tentunya sebelum mengajukan usulan tersebut ke Kementerian Perhubungan, harus dibicarakan dulu dengan sejumlah instansi terkait seperti Kementerian Pertanian karena terkait dengan karantina, Bea dan Cukai yang terkait dengan imigrasi serta instansi lainnya.

Kapala Otoritas Bandar Udara Wilayah VIII Manado A Widyo Proptono mendukung sepenuhnya rencana General Manager Bandara Sam Ratulangi, karena pada dasarnya, bandara ini memang sudah beroperasi 24 jam.

‘’Saya dukung sepenuhnya. Karena saya juga mengetahui dan melihat langsung bahwa bandara ini sudah beroperasi selama 24 jam. Buktinya listrik di bandara tidak pernah padam selama 24 jam. Petugas tower juga sudah bekerja 24 jam meski tidak ada pesawat yang landing dan take off antara jam 00.00 sampai jam 06.00 WITA,’’ kata Widyo.

Widyo mengaku GM Bandara Sam Ratulangi sudah beberapa kali mendiskusikan rencana ini dengannya. Ia akan memberikan dukungan penuh termasuk meyakinkan Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub. (Humas Kemenhub/ES)

Nusantara Terbaru