Bangun Papua Youth Creative Hub, Presiden: Pusat Pengembangan Talenta Papua

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 2 Oktober 2021
Kategori: Berita
Dibaca: 245 Kali

Selain melakukan groundbreaking Papua Youth Creative Hub, Sabtu (02/10/2021), Presiden Joko Widodo juga meninjau sejumlah stan pameran dari anak-anak muda Papua. (Foto: BPMI Setpres/Laily)

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melakukan groundbreaking Papua Youth Creative Hub yang berlokasi di Jalan Poros, Kelurahan Wahno, Distrik Abepura, Kota Jayapura, Papua, Sabtu (02/10/2021) pagi.

Presiden mengharapkan keberadaan Papua Youth Creative Hub yang dicetuskan dalam pertemuan dengan para generasi muda Papua pada September 2019 silam ini nantinya dapat menjadi pusat pengembangan talenta-talenta di Papua.

“Kita harapkan nanti Papua Youth Creative Hub ini bisa menjadi motor penggerak, bisa menjadi pusat pengembangan talenta-talenta hebat di tanah Papua, menjadi pusat kreatif anak-anak muda Papua dalam memperkuat ekosistem inovasi yang ada,” ujar Presiden.

Dalam kesempatan itu Kepala Negara juga mengapresiasi keberadaan komunitas Papua Muda Inspiratif (PMI) yang beranggotakan ribuan talenta-talenta muda Papua. Presiden meyakini masih banyak potensi yang belum tergali dan belum dikembangkan di Papua dan Papua Barat

“Itulah tugas kita, baik di Papua maupun di Papua Barat. Banyak bibit-bibit unggul dengan talenta-talenta yang sangat baik di bidang sains, seni budaya maupun di bidang olahraga, dan ini menjadi tugas besar kita semuanya untuk menyiapkan manajemen yang baik, manajemen talenta yang baik, yang tertata,” tegasnya.

Presiden menyampaikan, Papua Youth Creative Hub nantinya akan menjadi tempat pengembangan kewirausahaan atau entrepreneurship, wadah bagi petani-petani milenial, tempat pembangunan ekosistem digital, hingga pengembangan riset dan inovasi.

“Saya kira inilah masa depan kita semuanya, masa depan Indonesia, masa depan tanah Papua ada di Papua Youth Creative Hub. Kita harapkan nanti di akhir 2022 sudah selesai, langsung kelembagaannya siap, dan kita harapkan dalam waktu yang sangat cepat bisa betul-betul melakukan pengembangan SDM di tanah Papua yang kita cintai ini,” pungkasnya.

Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan dalam laporannya menjelaskan bahwa Gedung Papua Youth Creative Hub akan dibangun sebanyak dua lantai.

Lantai I antara lain diperuntukkan bagi lobi, coffee shop papua blendcoworking space, perpustakaan, galeri, minimarket, UMKM store, ruang training, dan ruang ibadah.

Sedangkan lantai II direncanakan untuk convention hall, kantor sekretariat, ruang seni, musik, dan hiburan, ruang bahasa, ruang coding dan programming, hingga ruang kewirausahaan dan ruang konseling di bidang kesehatan.

“Di komplek ini juga akan dibangun gedung dormitory untuk pria dan wanita, lapangan olahraga multifungsi baik indoor maupun outdoor, serta taman dari hasil masukan masyarakat Papua,” jelas Budi.

Turut mendampingi Presiden dalam agenda ini Ketua DPR RI Puan Maharani, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Kepala BIN Budi Gunawan, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, Staf Khusus Presiden Billy Mambrasar, serta Wali Kota Jayapura Benhur Tami Mano. (TGH/UN)

Berita Terbaru