Banyak Usulan Nama, Mensesneg Isyaratkan Pansel Pimpinan KPK Diumumkan Pekan Ini

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 18 Mei 2015
Kategori: Berita
Dibaca: 24.537 Kali
Mensesneg Pratikno

Mensesneg Pratikno

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengemukakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menerima banyak usulan nama untuk dimasukan  sebagai nominasi anggota Panitia Seleksi (Pansel) pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Nama-nama tersebut, kata Pratikno, saat ini sedang dalam penggodokan, dan nantinya Presiden Jokowi sendiri yang akan memutuskan siapa-siapa yang akan masuk dalam Pansel KPK. Namun Mensesneg menjamin, Presiden akan mendengarkan berbagai pihak karena ini merupakan hal yang sangat penting.

“Intinya ini adalah bagian dari komitmen Presiden untuk pemberantasan korupsi, pencegahan korupsi, melalui sinergi kelembagaan baik antara KPK, Kepolisian, dan Kejaksaan,” kata Pratikno saat ditanya wartawan, di kawasan Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (18/5) pagi.

Saat disebut kemungkinan masuknya nama-nama seperti Margarito Kamis atau Romli Atmasasmita dalam daftar nama yang dijaring untuk menjadi anggota Pansel KPK, Pratikno mengaku tidak hafal satu per satu karena nama yang masuk banyak sekali, puluhan.

“Banyak sekali nama-nama yang masuk, saya tidak hafal satu per satu. Ini saatnya untuk publik menyoroti, memberi masukan, bagus lah kalau menjadi diskusi publik,” ujar Pratikno.

Kapan diumumkan? “Secepatnya. Pekan inilah,” kata Pratikno.

Sebagaimana diketahui masa jabatan seluruh pimpinan KPK periode 2010-2015 akan berakhir pada Desember 2015 mendatang. Adapun proses yang harus dilalui seseorang untuk menjadi pimpinan KPK cukup panjang karena harus lolos terlebih dahulu dari Pansel, kemudian menghadapi fit and proper test di DPR, hingga Presiden menandatangani SK pengangkatannya. (Humas Setkab/ES)

Berita Terbaru