Bendungan Paya Seunara dan Bendungan Teritip Akan Diresmikan Tahun Ini

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 27 Juli 2016
Kategori: Nusantara
Dibaca: 14.970 Kali

TeritipBendungan Paya Seunara di Kota Sabang, Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) dan Bendungan Teritip di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur ditargetkan akan selesai dibangun dan diresmikan tahun ini.

Direktur Jenderal Sumber Daya Air (SDA) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Mudjiadi mengatakan, rencananya, Bendungan Paya Seunara akan diresmikan pada September mendatang. Sementara Bendungan Teritip akan diresmikan pada November mendatang.

“Sampai saat ini progress pembangunan Bendungan Paya Seunara sudah mencapai 96 persen, sementara untuk Bendungan Teritip sudah mencapai 77 persen,” kata Mudjiadi, di Jakarta, Selasa (26/7) kemarin.

Berdasarkan data kontrak pembangunan infrastruktur yang dimiliki Direktorat Jenderal SDA Kementerian PUPR, biaya pembangunan Bendungan Paya Seunara mencapai Rp37,9 miliar dan Bendungan Teritip mencapai Rp262 miliar.

Bendungan Paya Seunara mulai dibangun pada 2001, dan hampir selesai pada 2006 namun bendungan tersebut kembali diperbaiki setelah sempat terjadi gempa. Tubuh bendungan Paya Seunara dibangun oleh kontraktor PT Inaco Harapan-PT Inaco Putra Perkasa.

Sementara, proses pekerjaan konstruksi Bendungan Teritip dilakukan oleh PT Waskita Karya Tbk dengan lama masa pekerjaan mencapai tiga tahun mulai dari 2014 hingga 2016.

Keberadaan bendungan Teritip yang berkapasitas 2,4 juta meter kubik air tersebut, menurut Mudjiadi, sangat penting untuk menyediakan air baku yang akan diolah sebagai sumber air minum masyarakat Balikpapan. (BKP Kementerian PUPR/ES)

 

Nusantara Terbaru