Beri Pembekalan, Plt. Deputi Admin Seskab Ingatkan CPNS Tugas Berat Kawal Presiden

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 9 Maret 2015
Kategori: Berita
Dibaca: 25.393 Kali
Plt. Deputi Admin Seskab Farid Utomo didampingi Karo Ortala Syafrudin memberikan pembekalan kepada CPNS Setkab, di Gedung III Kemensetneg, Jakarta, Senin (9/3)

Plt. Deputi Admin Seskab Farid Utomo didampingi Karo Ortala Syafrudin memberikan pembekalan kepada CPNS Setkab, di Gedung III Kemensetneg, Jakarta, Senin (9/3)

“Beri Sekretariat Kabinet 22 orang hebat, maka kita bersama-sama menjadikan Indonesia hebat.” Kalimat tersebut disampaikan oleh (Plt) Deputi Bidang Administrasi (Admin) Farid Utomo saat membuka acara Pembekalan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Sekretariat Kabinet Tahun 2015, di Ruang Rapat Lantai 4, Gedung III Kementerian Sekretariat Negara, Senin (9/3) pagi.

Farid Utomo, yang sementara menggantikan posisi Deputi Administrasi Djadmiko yang pensiun awal Maret lalu, menganalogikan penerimaan CPNS Sekretarian Kabinet (Setkab) tahun ini seperti kalimat Bung Karno, “Beri aku sepuluh pemuda, niscaya akan kuguncang dunia.”

Orang hebat itu, menurut Farid Utomo, adalah orang yang merasa layak dan yakin dirinya hebat. Layak untuk bergabung di sini, dan yakin bisa melakukan pekerjaannya. Terlebih lagi, di masa mendatang, tugas pemerintah akan semakin berat dan menghadapi banyak sekali tantangan, dan sudah menjadi tugas Setkab untuk memastikan seluruh kebijakan program sampai ke tangan Kabinet, para Menteri, dan dapat dirasakan oleh masyarakat hasilnya.

“Kita mempunyai tugas yang berat, yakni mengawal presiden dalam menjalankan pemerintahan sebagai kepala pemerintahan,” kata Farid Utomo.

Tujuan pembekalan ini sebagai langkah awal untuk memperkenalkan dan meningkatkan pemahaman tentang kedudukan, tugas dan fungsi organisasi di lingkungan Setkab, serta memberikan bekal pengetahuan, wawasan, dan cara pandang yang sama dalam melaksanakan tugas kedinasan sehari-hari sebagai PNS.

“Karena itu, saya berharap, para CPNS yang akan bergabung dapat mengikuti dan mempelajari dengan baik, dan aktif bertanya kepada narasumber,” pesan Tomi, panggilan akrab Farid Utomo.

Pembekalan CPNS yang diawali oleh laporan Kepala Biro Kepegawaian,  Organisasi, dan Tata Laksana (Karo Ortala) Sfaruddin akan dilaksanakan selama 6 (enam) hari. Tanggal 9-12 Maret 2015 dilaksanakan di dalam ruangan dengan pemberian materi terkait kedinasan dan peraturan perundang-undangan, sedangkan 12-14 Maret 2015 pembekalan dilaksanakan di alam luar untuk pembentukan caracter building.

Sebagaimana diketahui, untuk memenuhi kebutuhan SDM aparatur di berbagai bidang, Sekretariat Kabinet telah melakukan rekruitmen sejak akhir tahun 2014 lalu. Dari hasil selekasi yang dilakukan secara transparan dan berkualitas dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT), terpilih sebanyak 22 orang CPNS dengan latar belakang pendidikan S1 sebanyak 20 orang (Hukum 7 orang; Administrasi Negara 3 orang; Ekonomi 3 orang; Komunikasi 1 orang; Pemerintahan 1 orang; Politik 1 orang; Manajemen 1 orang; Teknik Informatika 1 orang; Sastra Inggris 1 orang), dan D3 sebanyak 2 orang (Teknik Mesin 1 orang; Sekretaris 1 orang). Jumlah ini merupakan hasil seleksi dari 232 orang pelamar. (Humas Setkab/ES)

 

Berita Terbaru