Berkunjung ke Korsel, Rombongan Komisi II DPR RI Bertemu Pejabat KBRI Seoul

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 19 September 2019
Kategori: Berita
Dibaca: 120 Kali

Wakil Ketua Komisi II DPR RI Mardani Ali Sera menyampaikan sambutan saat bertemu dengan pejabat KBRI, di Seoul, Korsel, Rabu (18/9) malam malam. (Foto: Deny S/Humas)

Dalam rangkaian kegiatan diplomasi parlemen penyelenggaraan reformasi birokrasi ke Pemerintah Korea Selatan, Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) bersama mitra kerja dari Kementerian/Lembaga berkunjung ke Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Seoul, Rabu (18/9) malam waktu setempat.

Delegasi yang dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi II DPR RI Mardani Ali Sera itu diterima oleh  Wakil Kepala Perwakilan Republik Indonesia di Korea, Siti Sofia Sudarma di Ruang Pertemuan KBRI.

Dalam sambutannya, Mardani mengungkapkan kesiapan Komisi II DPR RI mendukung upaya Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan penataan ulang nomenklatur Kementerian/Lembaga agar lebih ringkas.

Mengutip pernyataan Presiden Jokowi pada acara orientasi dan pemantapan nilai-nilai kebangsaan bagi anggota DPR RI/DPD RI terpilih periode 2019-2024, di Hotel Bidakara Jakarta, (26/9), Mardani mengatakan bahwa Presiden Jokowi mengajak semua unsur bekerja cepat.

“Ada 48 ribu peraturan perundang-undangan di tingkat pusat, provinsi dan kabupaten/kota yang tumpang tindih. Jadi ini mau dirapikan, kami mendukung Pusat Legislasi Nasional seperti juga Pusat Riset Nasional,” tegas Mardani.

Selain itu, Mardani mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersatu usai Pemilu 2019 dan sepakat menjaga persatuan dan kesatuan untuk menuju kesejahteraan bersama.

“Saya melihat, teman-teman dari kementerian/lembaga, DPR dan Kedubes yakin Negara Kesatuan Republik Indonesia akan menjadi negara yang maju, sejahtera, adil dan makmur,” ujar Mardani.

Sementara itu, Wakil Kepala Perwakilan Republik Indonesia di Korea, Siti Sofia Sudarma mengatakan ada kesamaan antara prioritas Presiden Korea dan Presiden Republik Indonesia saat ini.

“Prioritas kedepan adalah Sumber Daya Manusia termasuk aparatur negaranya, kami melihat banyak sekali keunggulan yang bisa kita petik dan pelajari, sehingga apa yang menjadi prioritas Komisi II dan mitra kerja bisa kita jembatani disini,” kata Siti Sofia.

Sebelumnya, Delegasi Komisi II DPR RI dan Mitra Kerja melakukan kunjungan ke Kementerian Manajemen Sumber Daya Manusia Korsel dan  National Human Resources Development Institute Korea.

Pejabat Sekretariat Kabinet yang ikut mendampingi Komisi II DPR RI dalam rangkaian kegiatan diplomasi parlemen yaitu Staf Ahli Bidang Reformasi Birokrasi, Syafruddin. (DAN/DEN/ES)

Berita Terbaru