Bertemu CEO Dunia, Jokowi: Kami Menunggu Anda Berinvestasi di Indonesia

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 10 November 2014
Kategori: Berita
Dibaca: 43.771 Kali
Presiden Jokowi saat menyampaikan presentasi di hadapan peserta APEC CEO Summit 2014, di Beijing, Senin (10/11)

Presiden Jokowi di hadapan peserta APEC CEO Summit 2014, di Beijing, Senin (10/11). Foto: detik.com

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan presentasi di hadapan para pemimpin perusahaan dunia dalam APEC CEO Summit di gedung CNCC, Beijing, Tiongkok, Senin (10/11) pagi.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi yang tampil tanpa menggunakan teks menyampaikan sejumlah peluang usaha yang bisa diraih investor dalam proyek-proyek pembangunan infrastruktur yang akan dilakukan pemerintahannya, mulai dari tol laut, pembangunan pelabuhan, listrik, dan rel listrik.

“”Kami menunggu Anda datang ke Indonesia. Kami menunggu Anda untuk berinvestasi di Indonesia,” kata Presiden.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengutip keluhan sejumlah pengusaha terkait investasi di Indonesia, terutama masalah pembebasan lahan dan perijinan.

Presiden meminta para investor kini tidak perlu menkhawatirkan masalah pembebasan lahan jika ingin berinvestasi di Indonesia. Menurut Presiden, ia punya pengalaman saat menjadi Gubernur DKI Jakarta berhasil membebaskan lahan  dan membuat pembangunan jalan tol di DKI Jakarta terhenti selama beberapa waktu.

“Ada 143 keluarga yang tidak menerima harga kompensasinya,” kata Jokowi dalam bahasa Inggris.

Jokowi pun lantas memilih mengajak warga itu makan siang empat kali. Hasilnya masalah pun selesai.

“Saya undang mereka makan siang dan makan malam empat kali. Ini saya…” ungkap Jokowi sambil menunjukkan foto saat dia makan dengan warga.

Presiden pun membuka diri membantu pengusaha jika mengalami kesulitan dalam masalah pembebasan lahan. “Saya akan mendorong para menteri, gubernur, dan wali kota untuk membantu menyelesaikan masalah ini,” paparnya.

Adapun terkait masalah perizinan, Presiden Jokowi juga berjanji akan membantu para investor untuk menanam modal. Ia akan mengupayakan agar urusan perizinan dijamin tak akan lebih dari tiga hari.

Seusai melakukan presentasi Presiden Jokowi kemudian diburu oleh para CEO yang ingin berbincang langsung dan berfoto bersama.

Selain menyampaikan presentasi di hadapan para pemimpin perusahaan, Presiden pada Senin (10/11) ini juga dijadwalkan akan menggelar beberapa pertemuan bilateral pagi ini, antara lain dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dan Presiden Amerika Serikat Barack Obama. (*/ANT/ES)

Berita Terbaru