Bertemu Sekda Provinsi Bali, Stafsus Presiden Billy Mambrasar Bahas Manajemen Talenta Muda

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 29 November 2020
Kategori: Berita
Dibaca: 484 Kali

Stafsus Presiden Billy Mambrasar bertemu dengan Sekda Provinsi Bali dan jajaran Pemprov Bali, Minggu (29/11/2020), di Denpasar, Bali. (Foto: Humas/Rahmat)

Mengawali kunjungan kerjanya di Provinsi Bali, Minggu (29/11/2020), Staf Khusus (Stafsus) Presiden Billy Mambrasar bertemu Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bali Dewa Made Indra dan jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali.

Pertemuan yang berlangsung di Kantor Gubernur ini antara lain membahas mengenai pengembangan sumber daya manusia khususnya talenta muda Indonesia.

Billy memaparkan tentang Manajemen Talenta Papua, program yang dilaksanakannya bekerjasama dengan Kementerian Dalam Negeri di bawah arahan Presiden Joko Widodo.

“Program ini merupakan bagian dari Manajemen Talenta Nasional yang sedang digarap oleh Kantor Staf Presiden,” terang Billy.

Manajemen Talenta Papua, imbuhnya, juga telah meluncurkan situs web dengan nama serupa, berisikan data anak-anak Papua yang telah berprestasi dan berkarya membangun Indonesia.

Ditambahkan Billy, pembentukan dan inventaris talenta ini langsung terkoneksi dengan program kementerian/lembaga terkait yang dalam keahlian itu.

“Misalnya kita butuh barista atau certified diver, selama ini kesulitan mencari yang punya certified diver, sulit cari kerja dan yang butuh (pekerja) juga enggak dapat. Jadi, dengan adanya Manajemen Talenta ini tinggal searching saja dari website berbasis aplikasi itu,” jelas Billy.

Billy berharap program serupa dapat diterapkan juga di Provinsi Bali.

“Saya mungkin bisa memberikan masukan seandainya Bali pun bisa mendorong Manajemen Talenta Bali. Itu juga kan lebih bagus, subset datanya kita bentuk, nanti tinggal serahkan saja ke Manajemen Talenta Nasional,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Billy juga menyampaikan apresiasi kepada Pemprov Bali yang telah mengayomi para mahasiswa asal Papua yang tengah menempuh pendidikan di wilayah tersebut.

“Saya atas nama Istana, membawa nama pemerintah Provinsi Papua dan Papua Barat juga, mengucapkan terima kasih banyak kepada Pemda Bali atas perlakuan yang cukup bagus sekali kepada adik-adik kami mahasiswa Papua,” ujarnya.

Menurut Billy, Bali merupakan salah satu provinsi dengan pembinaan yang sangat baik.  “Kami terus menitipkan mereka (mahasiswa asal Papua), sekiranya mereka dibutuhkan untuk bantu-bantu bisa dilibatkan,” ujarnya.

Dalam pertemuan juga dibahas sejumlah isu terkait perkembangan pariwisata, penyaluran Kredit Usaha Rakyat, pengembangan UMKM, dan tenaga pendidik bagi anak berkebutuhan khusus.

Turut hadir dalam pertemuan antara lain Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bali I Wayan Mardiana, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali Putu Astawa, dan Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Bali KN. Boy Jayawibawa.

Pada kunjungan kerjanya ke Bali kali ini, Stafsus Presiden Billy Mambrasar juga diagendakan untuk bertemu dengan komunitas petani milenial. Sebelumnya ia juga telah menemui sejumlah petani milenial di tiga provinsi di Tanah Air.

Stafsus Presiden yang juga Duta Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) Indonesia ini memiliki program menciptakan 100 ribu petani milenial. Program tersebut merupakan kolaborasi dengan Kementerian Pertanian yang memiliki target sebanyak 2,5 juta petani milenial di Indonesia, sebagai bagian dari program ketahanan pangan yang menjadi prioritas pemerintah Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin. (SLN/UN)

Berita Terbaru