Bertemu Wapres, Semua Pimpinan Parpol Sepakat Pilkada Serentak Tepat Waktu 9 Desember

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 14 Juli 2015
Kategori: Berita
Dibaca: 23.282 Kali
Wapres Jusuf Kalla didampingi pimpinan parpol, KPU, dan DKPP menyampaikan keterangan pers seusai bertemu di kediamannya, Jakarta, Senin (13/7) malam

Wapres Jusuf Kalla didampingi pimpinan parpol, KPU, dan DKPP menyampaikan keterangan pers seusai bertemu di kediamannya, Jakarta, Senin (13/7) malam

Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla mengumpulkan para pimpinan partai politik (parpol), di rumah dinasnya Jl. Diponegoro, Menteng, Jakarta, Senin (13/7) malam. Dalam pertemuan yang dihadiri oleh semua kubu parpol yang bertikai ini, semua sepakat untuk mendukung dan menyetujui pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak yang akan dilaksanakan tepat waktu pada tanggal 9 Desember 2015.

“Bila ada masalah-masalah teknis yang timbul akan diselesaikan oleh Pemerintah, dan Komisi Pemilhan Umum (KPU) akan memberikan regulasi-regulasi yang baik sehingga pilkada tersebut dapat berlangsung dengan aman dan demokratis,” kata Wapres Jusuf Kalla dalam keterangannya kepada wartawan usai pertemuan.

Mengenai dua parpol yang masih belum selesai kepengurusannya, yaitu Partai Golkar dan PPP, Wapres mengatakan, bahwa pimpinan masing-masing pihak dari kedua parpol itu juga telah sepakat untuk  mendaftarkan calon yang sama.

“Mereka mendaftar secara terpisah kepada KPU masing-masing daerah dengan cara yang sama dan terkoordinasi, sehingga calon tersebut dianggap sah,” kata Wapres.

Pemerintah, kata Wapres, mendukung sepenuhnya agar KPU dapat melaksanakan pilkada serentak sebaik-baiknya secara demokratis dan kuat. “Itulah yang kita putuskan malam ini, dan hal-hal tersebut dinotulenkan dan ditandatangani agar dilaksanakan sebaik-baiknya hal hal tersebut,” terang Wapres.

Pertemuan antara Wapres Jusuf Kalla dengan para petinggi parpol itu berlangsung mulai pukul 21.00 WIB hingga pukul 23.05 WIB. Dari jajaran pemerintah tampak hadir dalam pertemuan itu Menko Polhukam Tedjo Edhy Purdijatno, Mendagri Tjahjo Kumolo, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Menteri PAN-RB Yuddy Chrisnandi, Kapolri Jenderal Badrodin Haiti, Jaksa Agung Prasetyo, dan Kepala BIN Sutiyoso.

Sementara dari unsur penyelenggara Pemilu tampak hadir Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Husni Kamil Manik, dan Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Jimly Asshiddiqie.

Dari jajaran pimpinan parpol yang tampak hadir adalah Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto,  Aburizal Bakrie, Zainuddin Amali dari Partai Golkar, Sekjen PKB Abdul Kadir Karding, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Ketua PKS Ansory Siregar, Sekjen Partai Nasdem Rio Capella, Achmad Dimyati dan Romahurmuziy dari PPP, Ketua Umum Partai Hanura Wiranto, Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra, Wakil Ketua Umum PKPI Samuel Samson, dan Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani.  (SetwapresRI/ES)

 

Berita Terbaru