Presiden SBY Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 30 September 2014
Kategori: Berita
Dibaca: 104.591 Kali
Monumen Pancasila Sakti

Monumen Pancasila Sakti

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dijadwalkan akan memimpin upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di komplek monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, pada Rabu (1/10) pukul 08.00 WIB.
Inilah untuk terakhir kalinya atau yang ke-10 Presiden SBY akan bertindak selaku inspektur upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, yang sudah berlangsung mulai 1967 sejak ditetapkan oleh Jenderal Soeharto selaku pejabat presiden.

Dalam pedoman upacara yang dikeluarkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Mendikbud Mohammad Nuh selaku ketua panitia menyebutkan, tema upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila kali ini adalah: ‘Penguatan Nilai -Nilai Pancasila Untuk Meningkatkan Kualitas Demokrasi’. Ia berharap upacara dilaksanakan secara sederhana, khidmat,dan tertib.

Mendikbud juga meminta agar kementerian-kementerian,lembaga tinggi negara, Kejaksaan Agung, Lembaga Pemerintah Non Kementerian, serta Perwakilan Republik Indonesia di Luar Negeri, juga menyelenggarakan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini.

Adapun susunan upacara meliputi penghormatan umum kepada Inspektur Upacara dipimpin oleh komandan upacara; laporan komandan upacara; mengheningkan cipta dipimpin oleh inspektur upacara; pembacaan naskah Pancasila; pembacaan naskah Pembukaan Undang-undang Dasar 1945; pembacaan naskah ikrar; pembacaan doa; Andhika Bayangkari; dan penutup.

Pimpinan pelaksanaan penyelenggaraan diserahkan kepada pimpinan kementerian,Lembaga Tinggi Negara, Kejaksaan Agung, Lembaga Pemerintah NonKementerian, Bank Indonesia dan atau pejabat yang ditunjuk berdasarkan edaran Menteri Negara/Sekretaris Negara.

Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini juga akan dihadiri oleh anggota DPR-RI dan DPD-RI periode 2014-2019 yang akan dilantik pada Selasa (1/10) besok.

Dalam kaitan dengan upacara di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta itu, menurut Mendikbud, Ketua DPR RI MarzukiAlie dijadwalkan membaca ikrar yang meneguhkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia

“Ketentuan-ketentuan penyelenggaraan di pusat berlaku untuk penyelenggaraan di kampus dan sekolah-sekolah, dengan pemimpin kepala kekolah, atau rektor,” tulis Mendikbud dalam surat tersebut. (WID/ES)

Berita Terbaru