Biro SDM dan Ortala Setkab Gelar Bimtek Penyusunan Anjab

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 14 September 2016
Kategori: Berita
Dibaca: 23.506 Kali
Para peserta Bimtek Anjab yang diselenggarakan Biro SDM dan Ortala Setkab, di gedung III Lantai 4 Kemensetneg, Jakarta, Rabu (14/9) pagi. (Foto: Agung/Humas)

Para peserta Bimtek Anjab yang diselenggarakan Biro SDM dan Ortala Setkab, di gedung III Lantai 4 Kemensetneg, Jakarta, Rabu (14/9) pagi. (Foto: Humas/Agung)

Biro Sumber Daya Manusia, Organisasi, dan Tata Laksana (SDM dan Ortala) Sekretariat Kabinet (Setkab) melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Analisis Jabatan (anjab), di ruang rapat gedung III Lantai 4 Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Rabu (14/9) pagi.

Kepala Biro SDM dan Ortala Setkab, Ratih Mayangsari, dalam sambutannya mengatakan, Anjab dilakukan untuk mendukung perbaikan organisasi di lingkungan Setkab agar tujuan organisasi tercapai.

“Dari anjab ini bisa dilakukan penyusunan pegawai, menghitung beban kerja, restrukturisasi organisasi, penilaian kinerja, serta bisa melihat standar kompetensi dari suatu jabatan yang  dibutuhkan, hingga evaluasi jabatan di lingkungan Setkab,” ujarnya.

Menurut Ratih, anjab itu merupakan suatu proses, dimana dilakukan pengumpulan, pencatatan data, diolah kemudian dilakukan penyusunan data jabatan. Intinya, dari anjab ini bisa diketahui seberapa besar sebenarnya jabatan yang harusnya ada di suatu organisasi.

Ditambahkan Ratih, hasil anjab ini akan menjadi fondasi di setiap kegiatan pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM). “Jadi betapa pentingnya anjab ini di setiap organisasi, jadi tidak hanya di lingkungan pemerintah, namun di lingkungan swasta pun pasti punya anjab dengan nama yang berbeda,” tuturnya.

Diharapkan anjab bisa diselesaikan sore ini juga dan bisa diaplikasikan di akhir tahun. “Jadi kita tidak menyusun dari awal kita hanya menyempurnakan anjab yang sudah kita punya disesuaikan dengan Peraturan Seskab Nomor 4 tahun 2015 yang kemarin, yang baru SOTK-nya,” ujar Ratih.

Bimtek dihadiri oleh Kabiro SDM, Organisasi, dan Tata Laksana Seskab Ratih Mayangsari, dan perwakilan unit kerja di masing-masing organisasi Setkab. (FID/ES)

Berita Terbaru