Biro SDM dan Ortala Setkab Gelar Sosialisasi Kesehatan Mata

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 28 September 2016
Kategori: Berita
Dibaca: 24.162 Kali
Para pegawai Setkab melakukan tes kesehatan mata saat Sosialisasi Kesehatan Mata, di Gedung III Kemensetneg, Jakarta, Rabu (28/9) pagi. (Foto: Rahmat/Humas)

Para pegawai Setkab melakukan tes kesehatan mata saat Sosialisasi Kesehatan Mata, di Gedung III Kemensetneg, Jakarta, Rabu (28/9) pagi. (Foto: Rahmat/Humas)

Biro Sumber Daya Manusia, Organisasi, dan Tata Laksana (SDM dan Ortala) Sekretariat Kabinet (Setkab) bekerjasama dengan Vio Optimal Clinic menyelenggarakan Sosialisasi Kesehatan Mata di lingkungan Sekretariat Kabinet di Aula lantai 1 Gedung III Kemensetneg, Rabu (28/9) pagi.

Dalam sambutannya, Kepala Biro Sumber Daya Manusia, Organisasi, dan Tata Laksana Ratih Mayangsari menyampaikan bahwa mata adalah merupakan salah satu panca indra yang sangat penting bagi kita semua. Bahkan, cukup vital yang sangat berarti buat kita semua.

“Dengan adanya mata kita bisa melakukan aktivitas kegiatan sehari-hari, kegiatan rutin kita dan dengan mata juga kita bisa berkinerja secara optimal,” kata Ratih.

Dengan mata yang sehat , lanjut Ratih, juga dapat meningkatkan produktivitas kerja dalam memberikan kontribusi kepada organisasi tempat bekerja, serta penting untuk komunikasi saat melihat ekspresi dan sikap lawan bicara maupun sebaliknya sehingga komunikasi bisa dapat berjalan lancar.

Namun demikian, menurut Kepala Biro SDM dan Ortala Setkab itu, dalam keseharian masih banyak yang sering lalai menjaga kesehatan mata dan menganggap gangguan yang terjadi pada mata adalah hal yang biasa, “Tapi ternyata fatal, fatal akibatnya ada kerusakan sedikit saja itu bisa mempengaruhi organ-organ tubuh yang lain,” ujarnya.

Untuk itu, Ratih meminta agar pegawai di lingkungan Setkab memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya. “Jadi sekarang, makanya kita perlu mencegah itu semua karena pencegahan itu adalah lebih baik daripada pengobatan,” ujarnya.

Dalam sosialisasi juga dilakukan pemeriksaan mata yang meliputi 5 tahap pemeriksaan, yaitu clinical refraction, screening retina, screening glaucoma, screening katarak, dan tes buta warna.

Kegiatan sosialisasi itu menghadirkan pembicara dokter spesialis mata dr. Andri Agus Syah, OD, FPCO, FAAO. (FID/ES)

 

 

Berita Terbaru