‘Blusukan’ ke Pasar BSD City, Presiden Jokowi Janji Perbaiki Kualitas Beras Bulog

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 13 April 2015
Kategori: Berita
Dibaca: 39.795 Kali

jokowi-sayuranMengawali kegiatannya pada Senin (13/4) pagi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara mendadak blusukan ke Pasar Modern BSD City di Tangerang Selatan, Banten. Ia tiba di lokasi sekitar pukul 08.30 WIB disambut oleh Menteri Perdagangan Rahmat Gobel, Plt. Gubernur Banten Rano Karno, dan Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany.

Kedatangan Presiden Jokowi yang menggunakan kemeja batik berwarna coklat disambut antusias pedagang dan warga yang memenuhi ke Pasar Modern BSD City. Mereka tidak sekedar berebut salaman tetapi sebagian juga berebut mengambil foto.

Dalam kesempatan itu, Presiden bertanya ke seorang pedagang mengenai beras Bulog yang dijualnya. “Saya bilang harga berasnya naik dari Rp5.200 ke Rp5.800, beras Bulog, kualitasnya jelek,” kata Pono, pedagang yang ditanya Jokowi.

Menanggapi hal i itu, Presiden Jokowi berjanji untuk mengubahnya meskipun dengan harga yang standar tapi kualitas berasnya akan diganti menjadi lebih baik.

Seusai bertanya soal harga beras, Presiden Jokowi berjalan mengelilingi Pasar Modern BSD City. Ia tampak menyempatkan diri untuk membeli rambutan tiga ikat, jambu biji, dan sayur-sayuran.

Setelah berkeliling selama sekitar 45 menit, Presiden Jokowi meninggalkan Pasar Modern BSD City melalui pintu selatan.

Terkait beras yang dikeluhkan para pedagang, Presiden Jokowi kepada wartawan mengatakan, bahwa beras yang dikeluhkan itu merupakan bagian dari Operasi Pasar (OP) Bulog untuk meredam gejolak harga. “Itu emang stok-stok lama, emang seperti itu, tidak usah ditutupilah,” tegasnya.

Menurut Presiden Jokowi, kualitas beras OP Perum Bulog memang dipengaruhi karena peyimpanan yang sudah terlalu lama di gudang-gudang Perum Bulog.

“Bulan ini baru membeli, pakai stok yang baru, dulu kan emang stok lama semua, sampe item gitu, memang fakta nya seperti itu. Kita ngerti semua,” ujar Jokowi.

Jadwal resmi Presiden Jokowi pada Senin (13/4) pagi ini adalah membuka National Innovation Forum Tahun 2015, yang diselenggarakan di Graha Widya Bhakti Kawasan Puspitek, Tangerang Selatan, Banten pada sekitar pukul 10.00 WIB. (*/ES)

 

Berita Terbaru