BPPD Kaltim Dukung Festival Budaya Nusantara Perbatasan 2016

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 15 Juni 2016
Kategori: Nusantara
Dibaca: 11.586 Kali

Festival-Budaya-ICE-090515-ES-2Bertepatan dengan hari ulang tahunnya yang ke-6 pada 17 September mendatang, Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) akan menggelar Festival Budaya Nusantara Perbatasan Tahun 2016.

Kepala Badan Pembangunan Perbatasan Daerah (BPPD) Kaltim Frederik Bid mengatakan event tersebut dijadwalkan akan melibatkan 18 provinsi perbatasan, baik kabupaten perbatasan darat maupun kabupaten perbatasan laut, dan digelar di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta.

“BNPP juga nantinya mengupayakan agar Presiden RI beserta jajaran Kabinet Ayo Kerja dapat menghadiri festival tersebut,” kata Frederik, di Samarinda, Kaltim, pekan lalu.

Menurut Frederik, Festival Budaya Nusantara Perbatasan tahun ini mengusung tema bahari/maritim sesuai dengan Visi Misi Presiden Jokowi-JK, yaitu Mewujudkan Indonesia menjadi negara maritim yang mandiri, maju, kuat dan berbasiskan kepentingan nasional.

“Tema ini dipilih karena Indonesia merupakan negara maritim. Indonesia merupakan negara maritim yang mempunyai banyak pulau, luasnya laut menjadi modal utama untuk membangun bangsa ini,” terang Frederik.

Secara terpisah, Kabid Lembaga Sosial dan Budaya Ibrahim Dunggau didampingi Kasubbid Kebudayaan Hasan menjelaskan, telah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mahakam Ulu untuk mengirimkan sebanyak 30 orang penari.

“Kita telah berkoordinasi dengan Kabid Kebudayaan Disdikbud Mahulu Bulan Hanyeq. 30 orang tersebut berasal dari beberapa sanggar seni yang ada di Kecamatan Long Pahangai. Nantinya bergantian untuk tahun selanjutnya yaitu Kecamatan Long Apari atau Kecamatan Maratua,” katanya saat diwawancarai Jumat (10/6).

Festival Budaya Nusantara Perbatasan Tahun 2016 ini, lanjut Ibrahim, kembali disutradarai oleh Slamet Raharjo. “Karena melibatkan belasan provinsi perbatasan diharapkan peserta dapat melakukan persiapan dengan baik. Dan akan dikoordinasikan kembali pada rapat lanjutan pada akhir Ramadan ini atau pertengahan bulan Juli mendatang,” Ibrahim menambahkan. (BPPD Kaltim/ES)

 

Nusantara Terbaru