Buka Kawah Kepemimpinan, Presiden Jokowi: Bangsa Ini Butuh Anak Muda Yang Berani dan Jujur

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 18 November 2015
Kategori: Berita
Dibaca: 25.471 Kali
Presiden Jokowi berfoto bersama peserta Kawan Kepemimpinan Pelajar 2015, di halaman depan Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (18/11)

Presiden Jokowi berfoto bersama peserta Kawan Kepemimpinan Pelajar 2015, di halaman depan Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (18/11)

Saat membuka Kawah Kepemimpinan Pelajar (KKP) 2015, yang diikuti oleh 1.176 pelajar terpilih dari seluruh Indonesia, di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (18/11), Presiden Joko Widodo (Jokowi), mengingatkan para peserta bahwa tantangan yang dihadapi bangsa ini di depan semakin kuat dan semakin kompleks. Persaingan tidak hanya individu dengan individu, tidak hanya kota dengan kota, provinsi dengan provinsi, persaingan saat ini sudah antar negara, antar negara.

Menurut Presiden Jokowi, tantangan itu harus dijawab dengan hadirnya sebuah kepemimpinan baru, kepemimpinan yang berkarakter. Untuk itu, Presiden mendukung program Kawah Kepemimpinan Pelajar karena kepemimpinan yang akan datang, kepemimpinan yang berkarakter harus dibangun sejak dini, harus dibangun sejak dini dimulai dari lingkungan keluarga maupun lingkungan sekolah.

“KKP bisa menjadi kawah candradimuka kalau untuk membangun kepemimpinan baru yang berkarakter sehingga akan muncul pemimpin muda yang berkeperibadian positif yang kreatif, pribadi yang optimis, pribadi yang toleran, pribadi yang mencintai kemanusiaan, berjiwa gotong royong, punya rasa percaya diri. Itu saya kira ke depan yang dibutuhkan dari anak-anakku semuanya,” tutur Presiden Jokowi.

Kepala Negara berharap sepulangnya dari mengikuti kegiatan Kawah Kepemimpinan Pelajar, para peserta semuanya terus berkembang dengan pribadi, dengan budi pekerti yang baik menjadi pemimpin yang baik di tempatnya masing-masing.

“Anak-anakku harus menjadi contoh untuk teman-teman di lingkungan, rendah hati, berprestasi, berakhlak yang mulia, berakhlak yang baik. Kalau ada teman-temannya yang suka tawuran beri tahu. Kalau ada yang satu dua memakai narkoba , beritahu. Atau yang masih mereman, mereman itu apa ya, suka menuju kearah preman, beri tahu teman-temannya sehingga kalian semua menjadi tauladan bagi lingkungan di sekitar,” pesan Kepala Negara.

Presiden Jokowi menegaskan, bangsa ini butuh anak muda yang bergerak dengan penuh semangat untuk mengubah lingkungan sekitar menjadi lebih baik. Bangsa ini butuh anak muda yang berani, yang jujur, yang tegas.

“Bangsa ini membutuhkan anak-anak muda yang penuh semangat sukarela membantu sesamanya tanpa membeda-bedakan etnis, agama dan ras. Dan bangsa kita sangat berharap kepada anak-anakku semuanya,” pungkas Presiden Jokowi.

Program Kawah Kepemimpinan Pelajar 2015 ini diikuti oleh 1.176 peserta dari seluruh Indonesia, yang merupakan pelajar terpilih dari masing-masing wilayah. Peserta terdiri dari 514 pengurus OSIS SMP, dan 306 OSIS SMA. Selain itu juga 50 orang peserta siswa Papua dan Papua Barat dari program Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) di 6 provinsi.

Tampak hadir dalam pembukaan program tersebut antara lain Mendikbud Anies Baswedan dan Menpora Imam Nahrawi. (FID/RAH/ES)

Berita Terbaru