Bukan Hanya ‘Omdo’, Pengurus Bakohumas Koordinasi Tentukan ‘Agenda Setting’

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 28 April 2016
Kategori: Berita
Dibaca: 23.393 Kali
Pengurus Bidang Diseminasi Informasi Bakohumas saat melakukan rapat koordinasi di Makassar, Sulawesi Selatan Kamis (28/4) siang. (Foto: Humas/Edi)

Pengurus Bidang Diseminasi Informasi Bakohumas saat melakukan rapat koordinasi di Makassar, Sulawesi Selatan Kamis (28/4) siang. (Foto: Humas/Edi)

Pengurus Bidang Diseminasi Informasi Badan Koordinasi Hubungan Kemasyarakatan (Bakohumas) Pusat menyelenggarakan rapat koordinasi di Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika, Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (28/4) Siang.

Dalam pembukaan rapat, Asdep 1/VII Koordinasi Informasi Publik dan Pengembangan Komunikasi dan Informasi Kemenko Polhukam, Fathnan Harun, menyampaikan bahwa proses agenda setting bukan hanya berada di kementerian/lembaga, tapi juga harus membumi mengambil isu di masyarakat.

“Proses yang dilakukan melalui penentuan isu kemudian melakukan framing. Contoh bagaimana isu tax amnesty bisa sampai ke masyarakat,” tambah Fathnan yang bertindak sebagai Wakil Ketua Bidang Diseminasi Bakohumas.

Lebih lanjut dalam rapat tersebut, Ketua Pelaksana Bakohumas, Dedet Surya Nandika juga menyampaikan bahwa setelah kepengurusan ditetapkan tahun lalu tugas pengurus Bakohumas juga tidak ‘omdo’ (omong doang atau kosong), tapi benar-benar mengerjakan program yang sudah ditetapkan.

“Pemerintah pusat sudah menyiapkan 335 program di Nawa Cita yang harus direalisasikan oleh kementerian/lembaga,” jelas Dedet yang sehari-hari sebagai Kepala Biro Kemitraan Komunikasi.

Humas pemerintah, tambah Dedet, harus tahu mengenai isu terkini dan Bakohumas siap menampilkan isu-isu pemerintah ke masyarakat. “Dengan demikian, ada yang bisa dihasilkan dan dapat dilaporkan kepada Pembina Bakohumas, Menkominfo, Mendagri, serta Men PAN dan RB,” papar Dedet.

Pembagian Isu

Sementara itu, Kepala Pusat Informasi dan Humas Kominfo selaku Ketua Bidang Diseminasi Informasi Bakohumas, Ismail Cawidu menyampaikan bahwa sudah ada pembagian isu di tingkat pusat yakni isu strategis,  sektoral, situasional, dan internasional. “Pembagian isu ini juga melibatkan Kantor Staf Presiden (KSP), Tim Komunikasi Presiden (TKP), dan Humas di lingkungan Kepresidenan serta kementerian/lembaga,” tambah Ismail.

Asdep Humas dan Protokol Sekretariat Kabinet, Alfurkon Setiawan juga menyampaikan bahwa saat ini Sekretariat Kabinet secara aktif melakukan pengolaan diseminasi informasi melalui media online dan sosial. “Situs setkab.go.id dan media sosial yang dikelola oleh Setkab secara terus-menerus menyampaikan informasi tentang kegiatan Presiden yang diliput langsung maupun narasi tunggal,” jelas Alfurkon yang bertindak sebagai anggota Bidang Diseminasi Informasi Bakohumas.

Alfurkon juga menyampaikan bahwa secara berkesinambungan juga turut memantau bagaimana efektivitas penyebarluasan informasi melalui media online dan sosial yang dikelola oleh Sekretariat Kabinet.

Agenda koordinasi Bidang Diseminasi Informasi Bakohumas yang diselenggarakan hingga sore ini diadakan guna menyelaraskan isu yang akan bergulir di bulan Mei seperti Hari Buruh, Pendidikan Nasional, dan yang lainnya.

Rapat koordinasi ini dihadiri oleh pejabat humas instansi pemerintah pusat dan juga tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. Selain itu, turut hadir perwakilan dari TNI/Polri. (EN/ES)

Berita Terbaru