Cerita Seru Para Pemenang Turnamen Tenis Meja Setkab 2023, dari Giat Berlatih hingga Atur Strategi

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 28 November 2023
Kategori: Berita
Dibaca: 1.027 Kali

Seskab Pramono Anung bersama Tim Tenis Meja Kedeputian Marinves, Juara Beregu Turnamen Tenis Meja Setkab Tahun 2023, di Aula Gedung 3, Kemensetneg, Selasa (28/11/2023). (Foto: Humas Setkab/Rahmat)

Turnamen Tenis Meja Sekretariat Kabinet (Setkab) Tahun 2023 resmi berakhir pada Selasa (28/11/2023). Dalam pertandingan final yang berlangsung di Aula Gedung 3, Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) itu keluar sebagai pemenang di nomor beregu yaitu Kedeputian Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marinves), nomor tunggal putri perorangan Prama Putri Iswari, dan tunggal putra perorangan Iyus Suhendra.

Iyus Suhendra dari Kedeputian Bidang Perekonomian mengungkapkan bahwa keberhasilannya menjadi juara di kategori tunggal putra adalah buah dari latihan rutin yang ia lakukan.

“(Sering) berlatih, hasil tidak membohongi. Kalau untuk latihan di kantor ada setiap hari Selasa sama Jumat, nah itulah yang saya manfaatkan di hari itu untuk berlatih,” ujar Iyus saat ditemui usai pertandingan.

Iyus juga mengaku gembira dapat menjadi juara dalam turnamen tahunan Setkab ini. Iyus pun mengharapkan turnamen ini dapat melahirkan talenta-talenta baru Setkab di cabang olahraga (cabor) tenis meja.

“Kalau menurut saya bagus ya mengadakan turnamen ini untuk melatih bibit-bibit yang lebih bagus lagi untuk ke depannya. Semoga lebih sukses lagi turnamennya,” kata Iyus.

Senada dengan Iyus, Prama Putri Iswari dari Kedeputian Bidang Administrasi yang menjadi juara di tunggal putri juga mengakui bahwa latihan rutin adalah salah satu kunci kemenangannya pada turnamen kali ini.

“Rajin (latihan) aja sih, tiap hari krida, Selasa dan Jumat. Kalau kita rajin insyaallah nambah okelah kalau smash,” kata Prama.

Wanita yang kerap menjadi wakil Setkab di turnamen tenis meja antarkementerian/lembaga ini juga mengaku bahwa dukungan penonton menjadi penambah semangatnya dalam bertanding.

Terima kasih banyak atas dukungan dan support dari pendukung,” ucap Prama.

Lebih lanjut, Prama berharap gelaran turnamen tenis meja tahunan ini dapat terus berlanjut sehingga dapat menjaring lebih banyak pegawai yang memiliki talenta di cabor tenis meja.

“Dari acara ini sebetulnya bibit-bibit yang memang punya bakat tenis meja ini kelihatan. Jadi mudah-mudahan setelah acara ini kita bisa lihat tuh siapa aja yang memang punya potensi,” tutur Prama.

Deputi Polhukam Purnomo Sucipto menyerahkan Tropi kepada Prama Putri Iswari sebagai Juara Tunggal Putri Turnamen Tenis Meja Setkab Tahun 2023, di Aula Gedung 3, Kemensetneg, Selasa (28/11/2023). (Foto: Humas Setkab/Rahmat)

Cerita lain datang dari Asisten Deputi Bidang Penanaman Modal dan Kepariwisataan Mohamad Arief Khumaidi. Salah satu pemain dari tim Kedeputian Marinves ini mengaku bahwa strategi yang mumpuni menjadi kunci timnya mampu mengatasi perlawanan dari tim Kedeputian Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) di laga final.

“Di awal kita sudah menyusun strategi. Strategi itu kita buat, kemudian kita mencoba bagaimana kalau kita tata, yang pemain pertama siapa dan sebagainya,” kata Arief.

Arief menambahkan, untuk menghadapi turnamen ini timnya telah melakukan persiapan sejak tiga bulan yang lalu.

“Kita berlatih, berlatih dengan melihat waktu, kalau jam kerja kita enggak bermain, tapi pas waktu kosong, pas hari Selasa, Jumat, atau pas istirahat, pulang kerja, kita berlatih bersama teman-teman untuk meningkatkan kualitas permainan kita,”  kata Arief.

Karena turun dalam nomor beregu, Arief juga menekankan pentingnya kekompakan dalam tim.

“Yang penting kita kompak,” tandas Arief.

Hasil Lengkap Pertandingan Final
Turnamen Tenis Meja Setkab Tahun 2023 bertajuk “Work Together, Play Together”, mempertandingkan tiga kategori yaitu kategori beregu serta kategori perorangan yang terdiri dari tunggal putra dan tunggal putri. Turnamen ini diikuti oleh 130 orang peserta yang berasal dari enam kedeputian di lingkungan Setkab.

Deputi PMK Yuli Harsono menyerahkan Tropi kepada Iyus Suhendra sebagai Juara Tunggal Putra Turnamen Tenis Meja Setkab Tahun 2023, di Aula Gedung 3, Kemensetneg, Selasa (28/11/2023). (Foto: Humas Setkab/Rahmat)

Partai final tunggal putra menghadirkan Iyus Suhendra dari Kedeputian Bidang Perekonomian berhadapan dengan Khamami dari Kedeputian Bidang Administrasi. Tertinggal di gim pertama dengan skor 4-11, Iyus berhasil membalikkan keadaan dan memenangkan dua gim berikutnya dengan skor 11-6 dan 11-3. Iyus keluar sebagai juara dan Khamami menjadi runner up.

Selanjutnya, laga tunggal putri mempertemukan Prama Putri Iswari dari Kedeputian Bidang Administrasi dengan Nadia Rafiana dari Kedeputian Bidang Marinves. Tertinggal 8-11 di gim pertama, Nadia berhasil menyelesaikan gim kedua dengan skor 11-9 dan memaksakan gim ketiga. Namun sayang, di gim ketiga Nadia tak mampu membendung serangan dari Prama yang berhasil menuntaskan pertandingan dengan skor 11-5. Prama keluar sebagai juara dan Nadia menjadi runner up.

Laga seru tersaji di nomor beregu antara Kedeputian Marinves dan Kedeputian PMK. Pada partai pertama, ganda putra dari Kedeputian Marves Aqif Mahendra/ Mohamad Arief Khumaidi tak mampu menghadang serangan Yanuar Agung/Muhammaad Hildan dari Kedeputian PMK yang berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 11-5 dan 11-5. Kedudukan sementara 1-0 untuk Kedeputian PMK.

Pertandingan selanjutnya menghadirkan partai ganda putri yang mempertemukan Ega Julaeha/Nadia Rafiana (Kedeputian Marinves) dan Willya Indriani/Anita (Kedeputian PMK). Ega/Nadia mampu menang dua gim langsung dengan skor 11-6 dan 11-3 sekaligus menjadikan skor sementara imbang 1-1 untuk kedua tim.

Laga sengit terjadi di partai ganda campuran antara M. Faisal Yusuf/Nadia Rafiana (Kedeputian Marinves) dan Irfan Iriyanto/Dyah Purboningsih (Kedeputian PMK). Turun di dua nomor berturut, Nadia yang berpasangan dengan Faisal kembali berhasil menyumbangkan poin untuk timnya setelah mengandaskan perlawanan Irfan/Dyah dengan skor 11-5, 8-11, dan 11-3. Kedeputian Marinves berbalik unggul dengan skor 2-1.

Tertinggal 1-2, tak membuat Kedeputian PMK gentar. Pasangan ganda putra Ichsan Darna Mua’ddin/Suryadi Mahatma Putra tampil trengginas dan berhasil mengalahkan pasangan Sintong Martunas M Simanullang/Yudi Herdanto dengan skor telak 11-9 dan 11-2. Hasil ini membuat kedudukan sementara menjadi 2-2.

Partai kelima mempertemukan ganda putri Edmi Almasyar/Siti Nur Cholifah (Kedeputian Marinves) berhadapan dengan Ina Kurniawati/Hendra Wati Soesabdo (Kedeputian PMK). Edmi/Siti yang tampil percaya diri berhasil mengungguli pasangan Ina/Hendra Wati dengan skor 11-9 dan 11-7. Kedeputian Marinves kembali unggul 3-2.

Menjaga asa juara, pasangan ganda campuran Jufry Hasiholan Manurung/Willya Indriani (Kedeputian PMK) tampil sempurna di gim pertama dan berhasil unggul 11-7 atas pasangan Sudarmanta/Ega Julaeha (Kedeputian Marinves). Namun sayang, Jufry/Willya tak mampu mempertahankan keunggulan dan dipaksa menyerah di gim kedua dengan skor 6-11. Di gim penentuan, Jufri/Willya kembali harus mengakui keunggulan Sudarmanta/Ega dengan skor 8-11. Kemenangan Sudarmanta/Ega atas Jufri/Willya akhirnya mengunci kemenangan Kedeputian Marinves atas Kedeputian PMK dengan skor akhir 4-2. Kemenangan ini pun disambut gegap gempita oleh para pendukung Kedeputian Marinves.

Berikut daftar lengkap pemenang Turnamen Tenis Meja Setkab Tahun 2023:

Tunggal Putra (Perorangan)
Juara 1 – Iyus Suhendra
Juara 2 – Khamami
Juara 3 – M. Akhiruddin dan Yanuar Agung

Tunggal Putri (Perorangan)
Juara 1 – Prama Putri Iswari
Juara 2 – Nadia Rafiana
Juara 3 – Nabila Amalia dan Ascana Luisa Gurusinga

Beregu
Juara 1 – Kedeputian Bidang Marinves
Juara 2 – Kedeputian Bidang PMK
Juara 3 – Kedeputian Bidang Perekonomian

Turnamen Tenis Meja Setkab 2023 disponsori oleh Bank Mandiri, PT PLN (Persero), Kompas, BPJS Kesehatan, serta PT Aviasi Pariwisata Indonesia. Total hadiah yang diperebutkan dalam turnamen yang berlangsung dari tanggal 17 hingga 28 November 2023 ini mencapai Rp50 juta ditambah trofi. (FID/AIT/UN)

Berita Terbaru