Dari Titik Nol Kilometer, Presiden Menuju Tempat Bermalam di IKN

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 14 Maret 2022
Kategori: Berita
Dibaca: 886 Kali

Presiden Jokowi dan Seskab Pramono Anung di kawasan IKN, Senin (14/03/2022). (Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev)

Dari Kawasan Titik Nol Kilometer Ibu Kota Nusantara (IKN), Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Iriana Jokowi menuju tempat untuk bermalam di kawasan IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, Senin (14/03/2022).

Lokasi tempat Presiden dan Ibu Iriana akan bermalam berupa area perkemahan yang berada sekitar 2,7 kilometer dari titik nol. Di area perkemahan juga terdapat tenda-tenda untuk para menteri dan rombongan yang turut bermalam.

Setibanya di lokasi, Presiden tampak berbincang-bincang dengan Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, serta Wakil Kepala Otorita IKN Dhony Rahajoe.

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono dalam keterangan persnya di Balikpapan, Minggu (13/03/2022) mengatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan keperluan menginap Presiden dengan sederhana, tanpa mengurangi aspek keamanan.

“Kami ketika menginap di IKN ini tentunya apa adanya. Bapak Presiden kami siapkan tenda yang sederhana dan lain-lain tentunya tidak mengurangi keamanan beliau,” ujar Kasetpres.

Sementara itu, Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo menjelaskan bahwa selain pengamanan fisik, pihaknya juga telah melakukan upaya pencegahan lain dari binatang liar maupun penyakit, khususnya malaria.

“Sudah fogging yang ada di sana. Kemudian juga untuk keamanan lainnya yaitu di sekitaran tenda-tenda, terutama di sekitar VVIP, sudah kita sebarkan juga seperti garam dan sebagainya untuk mengantisipasi binatang melata dan itu pun juga kita siapkan bisa anti ular yang juga akan berguna. Namun mudah-mudahan tidak terpakai dan kita semua dalam keadaan aman,” ujar Komandan Paspampres. (BPMI SETPRES/UN)

Berita Terbaru