Dengan Semangat Sumpah Pemuda, Menpora Ajak Pemuda Melakukan Aksi Tanggulangi Bencana Asap

Oleh Alfurkon Setiawan
Dipublikasikan pada 27 Oktober 2015
Kategori: Berita
Dibaca: 18.706 Kali

LOGO_HSP_2015Dengan Semangat  Sumpah Pemuda , Kementerian Pemuda Dan Olahraga mengajak seluruh pemuda Indonesia untukmelakukan aksi “Satu Untuk Bumi”  , antara lain dengan semboyan “Selamatkan Lingkungan, Ya! Pembakaran Hutan, Tidak! (Save The Environment, Yes. Burning The Forest, No).

Menpora Imam Nahrawi menegaskan tema Hari Sumpah Pemuda ke 87 Tahun 2015 “Revolusi Mental untuk Kebangkitan Pemuda Menuju Aksi “Satu untuk Bumi”, didasari atas keprihatinan mendalam terhadap bencana kabut asap.

“Sebagai negara tropis, Indonesia menjadi tumpuan dunia untuk menjaga keseimbangan iklim melalui pasokan oksigennya. Namun, hari ini justru kita menjadi negara yang menyumbang polusi terbesar di kawasan Asia tenggara melalui kabut asap,” kata Menpora Imam Nahrawi di Jakarta, Selasa (27/10) seperti dimuat dalam Pedoman Pelaksanaan Peringatan HSP ke-87 Tahun 2015.

Menpora Imam Nahrawi kemudian mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk meneladani Presiden Joko Widodo dalam menanggulangi musibah kabut asap.

“Beliau memimpin langsung penanggulangan bencana kabut asap sampai turun sendiri ke titik api di sejumlah wilayah,” katanya.

Pedoman Upacara HSP

Peringatan HSP ke-87 Tahun 2015 diselenggarakan secara  nasional di tingkat Pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota,  Kecamatan dan pada Perwakilan RI di luar negeri.

Lembaga  pemerintah dan non pemerintah, organisasi kepemudaan,  LSM, lembaga pendidikan wajib melaksanakan peringatan HSP ke-87, dengan berpedoman pada Pedoman Pelaksanaan Peringatan HSP ke-87 Tahun 2015.

Peringatan HSP diselenggarakan secara terarah dan  terpadu dengan membentuk panitia pada setiap  tingkatan, dimulai dari tingkat pusat sampai tingkat  kecamatan.

Acara pokok peringatan HSP ke-87 Tahun 2015 dilaksanakan dalam bentuk Upacara Bendera dengan ketentuan sebagai berikut:

a. Sifat Upacara : Khidmat walau sederhana

b. Hari, Tanggal : Kamis, 28 Oktober 2015

c. Pukul : Jam 08.00 waktu setempat.

d. Tempat : Lapangan terbuka

e. Peserta Upacara : ASN, Pelajar, Mahasiswa,

(WID/ES)

Berita Terbaru