Di Belanda, Presiden Kunjungi Universitas Leiden

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 23 April 2016
Kategori: Berita
Dibaca: 30.575 Kali
Presiden Jokowi mendengarkan sambutan Rektor Universitas Leiden Carel Stolker, Jumat (22/4) sore waktu setempat. (Foto: Humas/Rahmat)

Presiden Jokowi mendengarkan sambutan Rektor Universitas Leiden Carel Stolker, Jumat (22/4) sore waktu setempat. (Foto: Humas/Rahmat)

Di penghujung kunjungan resmi di Belanda, Jumat (22/4) pukul 15.50 waktu setempat, Presiden Joko Widodo mengunjungi Universitas Leiden. Setiba di Universitas Leiden, Presiden yang antara lain didampingi Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung disambut oleh puluhan mahasiswa Indonesia yang menyanyikan lagu “Tanah Airku”.

Setelah menyapa para mahasiswa, Presiden memasuki sebuah ruangan yang penuh dengan patung. Di antara patung-patung itu terdapat patung Hoesein Djajadiningrat, orang Indonesia pertama yang meraih gelar doktor pada 1913 di Universitas Leiden.

Setelah melihat beberapa patung dan mendengarkan penjelasan dari Rektor Universitas Leiden Carel Stolker, Presiden melihat aplikasi digital dan koleksi dokumen yang ada di Perpustakaan Universitas Leiden. Presiden didampingi oleh Direktur Perpustakaan Universitas Leiden Kurt de Belder. Presiden juga sempat bertemu dengan mahasiswa Indonesia yang tengah melanjutkan pendidikan S3.

Usai bertemu dengan mahasiswa Indonesia, Presiden melanjutkan peninjauan singkat ke Zweetkarmertje, ruang penandatanganan bagi lulusan Universitas Leiden.

Dari Universitas Leiden, Presiden melanjutkan kunjungan ke Istana Noordeinde untuk bertemu dengan Raja Willem-Alexander dan Ratu Maxima. Usai bertemu keduanya, Presiden langsung menuju Bandara Internasional Schipol untuk kembali ke Jakarta dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1.

Salat Jumat
Sebelum menuju Univesitas Leiden, Presiden Joko Widodo menunaikan Ibadah Salat Jumat di Aula Kedutaan Besar Republik Indonesia di Den Haag. Presiden melaksanakan ibadah Salat Jumat bersama rombongan dan masyarakat Indonesia.

Salat Jumat ini dipimpin oleh H. Hambali selaku imam dan khatib.

Usai Salat Jumat, Presiden juga menikmati santap siang bersama yang disiapkan oleh KBRI di Den Haag. Sebelum meninggalkan KBRI, Presiden berfoto bersama seluruh staf KBRI Den Haag dan masyarakat Indonesia yang mengikuti Salat Jumat. (TKP/RAH)

Berita Terbaru