Di Gunungkidul, Tim Reformasi Birokrasi Setkab Peroleh Paparan Mengenai Inovasi Pelayanan Publik

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 29 April 2016
Kategori: Nusantara
Dibaca: 21.373 Kali
Staf Ahli Seskab Bidang Reformasi Birokrasi didampingi Kepala BP3K Playen Ketut Santosa meninjau produk agribisnis petani binaan BP3K, Rabu (28/4). (Foto: Humas/Nia)

Staf Ahli Seskab Bidang Reformasi Birokrasi didampingi Kepala BP3K Playen Ketut Santosa meninjau produk agribisnis petani binaan BP3K, Rabu (28/4). (Foto: Humas/Nia)

Tim Reformasi Birokrasi (RB)  Sekretariat Kabinet yang dipimpin oleh Staf Ahli Bidang RB Raso, Kamis (28/4), melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Gunungkidul, Provinsi DI Yogyakarta. Kunjungan ini dimaksudkan untuk meninjau inovasi pelayanan publik yang ada di kabupaten tersebut.

Fasilitas pelayanan publik pertama yang pertama dikunjungi Tim RB Setkab di Gunungkidul adalah Balai Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BP3K) Playen. Tiba BP3K Playen Tim RB Setkab disambut oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Gunungkidul Supartono, Kepala BP3K Ketut Santosa, dan petugas serta penyuluh yang ada di BP3K.

Di sini Tim RB Setkab, mendapatkan paparan dan meninjau langsung terobosan inovasi pelayanan ?Klinik Konsultasi Agribisnis yang masuk dalam jajaran Top 99 Tingkat Nasional mengalahkan 2.476 inovator serta produk hasil olahan petani binaan BP3K.

Klinik Agribisnis ini, ujar Kepala BP3K Ketut Santosa, dibentuk untuk memberikan bantuan konsultasi dan mendorong masyarakat terutama petani agar mampu mengolah potensi pertanian yang ada di Kabupaten Gunungkidul untuk dapat meningkatkan pendapatannya.

“(Sistem) kami sangat sederhana sekali, kalau petani menginginkan usaha tertentu, memilih berkonsultasi ke BP3K atau langsung ke ladang, kemudian kami arahkan ke ahlinya,” kata Ketut seraya menambahkan setelah berkonsultasi, petani bisa memberi penilaian terhadap penyuluh dengan memasukkan kertas bertuliskan nama penyuluh yang bersangkutan ke kotak “puas” atau “tidak puas”.

Ketut menambahkan, selain konsultasi langsung, BP3K juga memberikan konsultasi secara online, siaran radio, serta penyebaran informasi melalui leaflet, spanduk, maupun banner.

“Model pelayanan klinik konsultasi ini sesuai dengan kearifan lokal yang ada di Kabupaten Gunungkidul. Siaran radio Bahasa Indonesia kita ubah ke bahasa ibunya, Bahasa Jawa, ini juga berperan meningkatkan ilmu para petani,” tambah Ketut Santosa.

Audiensi dengan SKPD

Selesai mengunjungi BP3K, Tim Reformasi Birokrasi Setkab bertolak ke Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul di Wonosari. Setiba di Kantor Pemkab, Tim RB disambut oleh Wakil Bupati Gunungkidul Immawan Wahyudi.

Di Kantor Pemkab, Tim RB Setkab mendapatkan paparan mengenai tata kelola pemerintahan, reformasi birokrasi, simplikasi perizinan, serta inovasi pelayanan publik di Kabupaten Gunungkidul yang disampaikan oleh Kepala Bagian Organisasi Wiwiek Muhartiwi. Tim Seskab juga melakukan tanya jawab dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemkab Gunungkidul guna mendalami informasi terkait dengan pelaksanaan RB dan inovasi pelayanan publik yang ada di lingkungan pemkab ini.

Dari Kantor Pemkab, Tim RB bertolak menuju SMK 3 Wonosari guna meninjau fasilitas One Stop Service Toilet (OSST) yang juga masuk dalam jajaran inovasi Top 99 Tingkat Nasional.

“One Stop Service Toilet (adalah) pelayanan terpadu bagi siswa, guru, dan karyawan putri dalam meningkatkan kepedulian terhadap kesehatan reproduksi serta risiko yang berkaitan dengan hal tersebut,” ujar  Susiyanti, Kepala Sekolah SMK 3 Wonosari dalam penjelasan singkatnya kepada Tim RB Setkab.

Susiyanti juga mengungkapkan inovasi OSST ini telah direplikasi di sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Gunungkidul.

Tim Reformasi Birokrasi Setkab dalam kunjungan ke Gunungkidul antara lain Kepala Biro Akuntabilitas Kinerja dan Reformasi Birokrasi Beben Hurmansyah, Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan Islahuddin, serta perwakilan dari Bidang Fasilitas Operasional di setiap Kedeputian, Pusat Data dan Teknologi Informasi, Inspektorat, dan Humas Setkab. (UN)

Nusantara Terbaru