Di Tengah Sambutan Warga, Presiden Jokowi Coba Alat Panen Produksi Pinrang

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 5 November 2014
Kategori: Berita
Dibaca: 42.494 Kali
Presiden Jokowi mecoba Candue, alat panen produksi lokal, saat panen raya di Pinrang, Rabu (5/11)

Presiden Jokowi mecoba Candue, alat panen produksi lokal, saat panen raya di Pinrang, Rabu (5/11)

Setelah mengunjungi Kabupaten Sidrap, Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana melanjutkan kunjungan kerjanya ke Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan (Sulsel), Rabu (5/11).

Tepat pukul 15.30 WIT, Presiden dan rombongan tiba di Desa Barang Palie, Kecamatan Lanrisang, Kabupaten Pinrang, untuk melakukan panen raya.

Sekitar seribu lebih masyarakat berduyun-duyun ingin menyaksikan Presiden Jokowi secara langsung. Banyak di antaranya menggunakan kamera saku dan kamera telpon selularnya untuk mengabadikan momen tersebut. Beberapa orang menggunakan tongkat tambahan untuk dapat mengambil gambar Presiden.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi secara simbolis meletakkan baru pertama pembuatan irigasi dan berkenan melakukan panen raya.

Presiden Jokowi juga berkesempatan naik dan mencoba mesin penggiling padi yang berada di tempat itu, Candue,yang merupakan buatan penduduk lokal Kabupaten Pinrang. Presiden tampak sangat antusias dengan alat tersebut.

Sebelum meninggalkan Desa Barangpalie, Kecamatan Lanrisang Pinrang, Jokowi memanggil Menteri Pertanian, Amrah Sulaiman dan memberi petunjuk agar karya anak bangsa itu perlu diperhatikan.

Sedangkan masyarakat, tidak hanya berada di sekitar Presiden, namun beberapa di antaranya naik truk padi agar bisa melihat Presiden dari jarak yang cukup jauh.

Banyaknya orang yang hadir sempat membuat aparat kesulitan untuk mengatur agar dapat tertib. Bahkan aparat desa sampai menghimbau agar warga dapat tertib sehingga acara dapat berjalan tertib.

Hasna, warga asal desa Desa Langa, Kecamatan Matiro Sompe, Kabupaten Pinrang, sekitar 5 Km dari tempat acara mengaku datang ke tempat tersebut rombongan dengan tetangga lainnya.

Presiden sekitar 45 menit berada di desa tersebut, di hamparan padi seluas 2.500 hektar. Dalam kunjungan kerja tersebut, Presiden Jokowi didampingi oleh Ibu Negara Iriana Widodo, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Gubernur Sulawesi Selatan Yasin Limpo.

Seusai panen raya, Presiden beserta rombongan kemudian melanjutkan perjalanan Ke Kabupaten Sidrap, untuk kemudian menuju Makassar dengan mengguakan heli. (Ira/Humas Setkab/ES)

Berita Terbaru