Diapit PM Kamboja dan PM India, Presiden Jokowi Hadiri Pembukaan KTT ke-31 ASEAN

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 13 November 2017
Kategori: Berita
Dibaca: 11.806 Kali
Presiden Jokowi saat menghadiri pembukaan KTT ke-31 di Manila, Filipina, Senin (13/11). (Foto: BPMI)

Presiden Jokowi saat menghadiri pembukaan KTT ke-31 di Manila, Filipina, Senin (13/11). (Foto: BPMI)

Pada hari kedua kunjungannya di Filipina, Presiden Joko Widodo (Jokowi), Senin (13/11) pagi, menghadiri Upacara Pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-31 ASEAN, yang digelar di Philippines International Convention Center (PICC), Manila.

Upacara pembukaan KTT ke-31 ASEAN ini selain dihadiri oleh para pemimpin negara-negara ASEAN, juga dihadiri oleh Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe, PM India Narendra Modi, PM Kanada Justin Trudeau, PM Tiongkok Li Keqiang, PM Rusia Dmitry Medvedev, PM Selandia Baru Jacinda Ardern, dan Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae-In.

Sebelum dibuka secara resmi oleh Presiden Filipina Rodrigo Duterte, para pemimpin dunia mitra ASEAN, serta para pemimpin ASEAN mengikuti sesi foto bersama. Saat sesi foto bersama ini, ada sedikit kelucuan saat Presiden AS Donald Trump mengalami kesulitan saat menyilangkan tangan ke arah Presiden Filipina Rodrigo Duterte.

Sementara Presiden Jokowi yang hadir dengan mengenakan setelan jas warna hitam berbaju putih dengan dasi warna merah berdiri di dekat ujung sebelah kanan diapit oleh PM India Narendra Modi dan PM Kamboja Hunsen.

Upacara Pembukaan KTT ke-31 ASEAN ini berlangsung sederhana, hanya diisi pidato pembukaan oleh Presiden Filipina Rodrigo Duterte, dan pertunjukan budaya yang mencerminkan kebersamaan negara-negara ASEAN.

Para pemimpin ASEAN yang hadir dalam pembukaan tersebut adalah  Presiden Jokowi, Presiden Filipina Rodrigo Duterte, Sultan Hassanal Bolkiah dari Brunei Darussalam, PM Laos Thongloun Sisoulith, PM Malaysia Najib Razak, PM Singapura Lee Hsien Loong, PM Thailand Prayut Chan-ocha, PM Vietnam Nguyen Xuan Phuc, dan State Counselor Myanmar Aung San Suu Kyi.

Para Menteri yang mendampingi Presiden Jokowi dalam kesempatan ini antara lain Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Luar Negeri  Retno Marsudi, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, dan Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri.

Selain KTT ke-31 ASEAN, dalam kesempatan ini juga digelar sejumlah KTT terkait lainnya, di antaranya KTT ke-5 ASEAN-Amerika Serikat (AS), KTT ke-20 ASEAN-Tiongkok, KTT ke-19 ASEAN-Korea Selatan, dan KTT ke-20 ASEAN-Jepang. (SM/ES)?

Berita Terbaru