Dibangun Awal 2016, Waduk Ciawi Diperkirakan Selesai 2017

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 12 Februari 2015
Kategori: Nusantara
Dibaca: 46.312 Kali
Gubernur Jabar Ahmad Heryawan dan Walikota Bogor Bima Arya menjawab wartawan seusai rapat terbatas, di kantor Presiden, Jakarta, Rabu (11/2) sore

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan dan Walikota Bogor Bima Arya menjawab wartawan seusai rapat terbatas, di kantor Presiden, Jakarta, Rabu (11/2) sore

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) mengatakan, pemerintah akan memulai pembangunan  waduk Ciawi di Kabupaten Bogor tahun 2016, dan diperkirakan akan selesai  2017.

“Tahun ini pembebasan lahan, 2016 mulai konstruksi. Harusnya tahun 2017 selesai. Waduk akan mampu menampung debit air sungai Ciliwung dan akan mengurangi volume air ke wilayah hulu seperti Jakarta,” kata Gubernur Aher usai sidang kabinet terbatas bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi), di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (11/2).

Menurut Gubernur Jabar itu, dalam rapat terbatas itu ia sudah mempresentasikan rencana pembangunan Waduk Ciawi. Demikian juga Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

“Saya dan Pak Rano, Pak Bima, Bu Nurhayanti dari Kabupaten Bogor, juga mengungkapkan, Pak Presiden mendorong untuk segera ada penyelesaian dengan segala anggarannya.,” kata Aher.

Sebagaimana diberitakan sebelumn ya Presiden Joko Widodo memimpin rapat terbatas dengan kementerian terkait, BNPB, Gubernur DKI Jakarta, Gubernur Jawa Barat, Gubernur Banten, Walikota Bogor., untuk membahas solusi nyata  bencana banjir yang melanda Ibukota Jakarta.

Gubernur Aher menambahkan, bahwa proyek Waduk Ciawi akan menggunakan dana  APBD DKI Jakarta untuk pembebasan lahan,  sedang konstruksi waduk akan diambil dari APBN.

Selain membangun waduk, pemerintah provinsi Jawa Barat juga melakukan normalisasi sungai untuk dijadikan tempat penampungan air saat musim hujan.

“Selain pembangunan infrastruktur, yang tidak kalah penting adalah konservasi wilayah hulu untuk mengurangi risiko banjir,” kata Aher. (Humas Setkab/ES)

Nusantara Terbaru