Didahului Upacara Militer, Presiden Jokowi Lepas SBY Tinggalkan Istana

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 20 Oktober 2014
Kategori: Berita
Dibaca: 29.414 Kali

Pisah Sambut-1Setelah menaiki kereta kencana dari Bundaran Hotel Indonesia, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) serta Ibu Mufidah Jusuf Kalla tiba di Istana Merdeka, Jalan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (20/10) sekitar pukul 14.30 WIB.

Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) didampingi Ibu Ani Yudhoyono dan mantan menteri Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II menyambut kedatangan Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo serta Wakil Presiden Boediono dan Ibu Mufidah Jusuf Kalla.

Diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Rakyat, Presiden Jokowi dan SBY mengikuti upacara penyambutan secara militer. Selanjutnya, Presiden Jokowi didampingi SBY berjalan kaki melakukan pemeriksaan barisan militer. Upacara diakhiri dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Seusai upacara, Presiden Jokowi dan SBY didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Ibu Ani Yudhoyono memasuki ruang Jepara di Istana Merdeka untuk beistirahat. Setelah sekitar 5 (lima) menit beristirahat, Presiden Jokowi dan SBY melakukan konperensi pers.

SBY mengatakan, pemimpin datang dan pergi. Namun, semua ingin berbuat yang terbaik bagi bangsa dan negara.

SBY mengingatkan jika seorang pemimpin, siapa pun dia, tidak dapat mengemban tugas seorang diri. Pemimpin, kata SBY, pasti memerlukan bantuan dan dukungan dari seluruh rakyat Indonesia.

SBY meminta kepada jajaran pegawai di Istana Kepresidenan untuk memberikan dukungan, bantuan dan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada Presiden Jokowi dan keluarga. “Sebagaimana (pelayanan) kepada yang diberikan kepada saya dan Ibu Ani,” katanya.
Adapun Presiden Jokowi berterimakasih karena sudah diberitahu oleh SBY soal isi Istana. “Terimakasih kepada Pak SBY, saya diantarkan sehingga tahu isi istana. Tahu ruang tidur, ruang tamu, dan kebun. Di kebun ada burungnya,” kata Jokowi di Istana.

Presiden Jokowi juga mendoakan SBY agar penuh berkah, sehat, dan panjang umur. SBY pun menjawab ‘amin’ dengan tangan terangkat setinggi dada sebagai apresiasi terhadap doa Jokowi.

Beberapa saat setelah konperensi pers, Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo melepas SBY dan Ibu Ani meninggalkan Istana Merdeka dari pintu Timur untuk ke kediaman pribadinya di Cikeas, Bogor, Jawa Barat. (Humas Setkab/IRA/EJW/WID/ES)

Berita Terbaru