Dies Natalis Universitas Terbuka (UT) Ke-37 Tahun 2021 (secara virtual), 6 September 2021, dari Istana Merdeka, Provinsi DKI Jakarta

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 6 September 2021
Kategori: Sambutan
Dibaca: 79 Kali

Bismillahirrahmanirrahim.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Salam sejahtera bagi kita semuanya,
Om Swastiastu,
Namo Buddhaya,
Salam kebajikan.

Yang saya hormati Ketua MPR RI Bapak Bambang Soesatyo;
Rektor dan para Wakil Rektor beserta seluruh Pimpinan Universitas Terbuka;
Yang saya hormati para Dosen dan Tenaga Pengajar Universitas Terbuka, baik di kantor pusat maupun di daerah;
Para Mahasiswa Universitas Terbuka di manapun berada;
Hadirin dan undangan yang berbahagia.

Prioritas pemerintah periode sekarang ini adalah pembangunan sumber daya manusia (SDM). Prioritas kita adalah pembangunan SDM, baik dari sisi kesehatan fisik dan mentalnya, maupun dari sisi pendidikannya. Pendidikan yang mencetak insan Indonesia yang unggul dan berkualitas.

Pendidikan yang berkualitas harus menjangkau seluruh rakyat Indonesia tanpa terkecuali. Pendidikan yang membuka wawasan anak bangsa, yang terampil, berinovasi, menghasilkan karya-karya hebat, yang mengisi dan mencetak lapangan kerja untuk menyejahterakan masyarakat dan kemajuan bangsa.

Pandemi COVID-19 tidak boleh mengendurkan apalagi menghalangi program utama kita ini. Pandemi COVID-19 harus kita petik hikmahnya dan kita jadikan momentum untuk melakukan inovasi, implementasi program-program pendidikan kita. Revolusi Industri 4.0 yang telah mendisrupsi segala bidang, termasuk pendidikan, harus kita kelola dan kita manfaatkan. Pemanfaatan teknologi digital, baik untuk konektivitas jarak jauh maupun berbagai automasi analitik bisa dijadikan peluang dan membuat lembaga perguruan tinggi harus bergeser menjadi edutech institution.

Universitas Terbuka sudah memiliki fondasi yang kuat dalam memanfaatkan digital learning. Fondasi ini harus terus dikembangkan untuk memfasilitasi penguasaan mahasiswa dan para dosen terhadap industri teknologi masa depan, memberikan kemudahan bagi mahasiswa untuk belajar dari praktisi di berbagai bidang, termasuk dinamika di dunia usaha dan di dunia industri.

Kepada keluarga besar Universitas Terbuka, saya mengucapkan selamat Dies Natalis ke-37. Terus berinovasi untuk mewujudkan pendidikan tinggi untuk semua, berkontribusi membangun Indonesia yang maju yang kita cita-citakan.

Terima kasih.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Sambutan Terbaru