Digelar di Jakarta, Kemenpora Kenalkan Olahraga Tradisional dan Pemanasan Asian Games 2018

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 3 Mei 2016
Kategori: Berita
Dibaca: 17.798 Kali
Forum Tematik Bakohumas Kemenpora, Selasa (3/5). (Foto: Humas/Edi)

Forum Tematik Bakohumas Kemenpora, Selasa (3/5). (Foto: Humas/Edi)

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menggelar Forum Tematik Badan Koordinasi Hubungan Kemasyarakatan (Bakohumas) di Cengkeh Ballroom, Hotel Menara Peninsula, Jakarta,  Selasa (3/5) siang.

Kegiatan yang dibuka oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika, Farida Dwi Cahya Rini, ini mengambil tema, “Sukses Penyelenggaraan The Association for International Sports for All (TAFISA) 2016 dan Road Show Asian Games 2018 dalam Peningkatan Prestasi Olahraga di Indonesia”.

Saat menjelaskan mengenai TAFISA, Ketua Umum Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) Hayono Isman menyampaikan, bahwa penyelenggaraan TAFISA World Sport for All Games akan dilaksanakan di Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, 7-11 Oktober 2016.

“Upacara pembukaan akan diikuti oleh 100.000 peserta dan akan dibuka di laut untuk memperkuat visi kemaritiman Presiden Jokowi,” jelas Hayono.

Lebih lanjut, Hayono menjelaskan bahwa salah satu tujuan penyelenggaran TAFISA untuk menemukan berbagai jenis olahraga dan permainan tradisional dari negara-negara di seluruh benua. “Tujuan TAFISA adalah membawa kembali permainan masa lalu ke masa kini,” tambah Hayono yang pernah menjabat sebagai Menteri Pemuda Olahraga.

Sebagai tambahan informasi, TAFISA telah berkembang dari kegiatan sederhana di Bonn, Jerman tahun 1992. Dalam TAFISA World Sport for All Congress ke-22 di Antalya Turki awal November 2011, Indonesia mengajukan diri menjadi tuan rumah bagi Olimpiade Olahraga Rekreasi VI tahun 2016 dan mengalahkan Belanda dalam bidding pada waktu itu.

Ajang Pemanasan Asian Games 2018
Sementara itu, Gatot Dewa Broto, Deputi Bidang Harmonisasi dan Kemitraan Kemenpora saat memberikan penjelasan tentang TAFISA menyampaikan, bahwa ajang olahraga yang akan dilaksanakan merupakan pemanasan dari pagelaran Asian Games 2018.

“Asian Games yang akan dilaksanakan tahun 2018 sangat istimewa karena dilaksanakan di dua kota besar di Indonesia yakni Jakarta dan Palembang,” ujar Gatot.

Penyelenggaraan Asian Games 2018, lanjut Gatot, akan dibuka pada tanggal yang “cantik” 18-08-2018 di Gelora Bung Karno, Jakarta, dan ditutup pada awal September di Jakabaring Sport Center, Palembang, Sumatera Selatan.

“Semua persiapan untuk upacara pembukaan dan penutupan Asian Games 2018 sudah siap,” papar Gatot.

Penyiapan untuk agenda Asian Games, menurut Gatot, ini juga melibatkan seluruh kementerian/lembaga dalam hal pendanaannya. “Kecepatan pembangunan fisik sangat terbantu oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan terkait transportasi dari Kementerian Perhubungan,” tambah Gatot menjelaskan.

Dalam sesi diskusi terakhir, Basuki Supartono, Direktur Rumah Sakit Khusus Rehabilitasi Medik menjelaskan bahwa untuk sarana pendukung telah disiapkan bagi para atlet. “Hanya sedikit negara yang memiliki rumah sakit atlet dan Indonesia salah satunya,” ujar Basuki.

Acara Forum Tematik Bakohumas ini dihadiri oleh pejabat maupun perwakilan humas kementerian/lembaga serta media cetak/elektronik lainnya. (EN/ES).

Berita Terbaru