Dihadiri Presiden Jokowi, PM Malaysia Puji Semangat ASEAN Saat Evakuasi Di Yaman

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 27 April 2015
Kategori: Berita
Dibaca: 47.346 Kali
Presiden Jokowi di antara para pemimpin ASEAN saat pembukaan KTT ASEAN, di Kuala Lumpur, Malaysia, Senin (27/4) pagi

Presiden Jokowi di antara para pemimpin ASEAN saat pembukaan KTT ASEAN, di Kuala Lumpur, Malaysia, Senin (27/4) pagi

Pada hari kedua kunjungannya di Malaysia, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) para Kepala Negara/Pemerintahan Asean ke 26 di Plenary Hall Kuala Lumpur Convention Centre (KLCC), Senin (27/4) pagi. Kedatangan Presiden Jokowi di KLCC disambut oleh Perdana Menteri (PM) Malaysia, Dato’ Sri Mohd Najib Tun Abdul Razak selaku Ketua sekaligus tuan rumah KTT Asean ke 26.

PM Malaysia Najib Razak dalam pidato sambutannya mengatakan, terbentuknya komunitas Asean pada akhir Desember 2015, perlu ada penguatan roadmap agar komunitas ini berjalan secara stabil. “Untuk masa depan Asean dan masyarakatnya,” kata PM Najib.

Pada kesempatan itu, PM Malaysia memuji usaha yang ditunjukkan Asean dalam sisi kemanusian sudah terbukti nyata, saat dimana Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, Kamboja dan Indonesia secara bersama sama mengevakuasi korban peperangan di Yaman.

“Pemerintah negara ASEAN melakukan dengan baik memberikan bantuan satu sama lain, itu semangat ASEAN,” puji PM Najib.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, saat melakukan evakuasi terhadap WNI di Yaman, Tim Evakuasi dari Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI juga mengevakuasi sejumlah warga negara Vietnam dan Kamboja yang terjebak di arena peperangan di Yaman.

GoASEAN

Bertepatan dengan¬† pembukaan KTT ASEAN 26 itu, juga diluncurkan channel televisi “GoAsean” yang bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan industri pariwisata di kawasan ASEAN.¬† Program acara TV GoASEAN berisi promosi pariwisata dan kebudayaan negara ASEAN, yang dapat diakses melalui berbagai perangkat televisi (IPTV, Mobile, TV berbayar).

Pembukaan KTT ASEAN Ke-26 itu, dihadiri oleh Kepala negara/pemerintahan dan delegasi dari negara ASEAN. Selain itu tampak Sekretaris Kabinet RI Andi Widjajanto, Menko Polhukam Tedjo Edhy Purdijatno, dan Menteri Luar Negeri Retno L.P. Marsudi tampak mendampingi Presiden Jokowi dalam pembukaan itu.

Seusai pembukaan, para kepala negara/pemerintahan mengikuti forum pembahasan. Forum ini memiliki peran penting untuk menjembatani kepentingan pemerintah negara, pebisnis dan masyarakat ASEAN. (Humas Setkab/ES)

Berita Terbaru