Dilantik Presiden Jokowi, Sulaiman Duduki Jabatan Dubes LBBP RI untuk Argentina

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 25 Oktober 2023
Kategori: Berita
Dibaca: 1.644 Kali

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Rabu (25/10/2023), melantik Sulaiman sebagai Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (Dubes LBBP) RI untuk Republik Argentina merangkap Republik Paraguay, dan Republik Oriental Uruguay berkedudukan di Buenos Aires. Prosesi pelantikan ini dilakukan di Istana Negara, Jakarta.

Pelantikan ini didasarkan pada Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 82/P Tahun 2023 tentang Pengangkatan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia, yang ditetapkan oleh Presiden Jokowi di Jakarta pada tanggal 21 September 2023.

“Bahwa saya untuk diangkat menjadi Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya, demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan melakukan dengan setia segala perintah dan petunjuk-petunjuk yang diberikan oleh pemerintah pusat dan saya akan memenuhi dengan setia segala kewajiban lain-lain yang ditanggungkan kepada saya oleh jabatan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh,”  ucap Presiden mendiktekan sumpah jabatan kepada Sulaiman.

Usai prosesi pengucapan sumpah, dilakukan penandatanganan berita acara pelantikan yang diikuti dengan pemberian ucapan selamat dari Presiden Jokowi, diikuti para tamu dan undangan, kepada para pejabat yang dilantik. Sebelum Sulaiman, Presiden terlebih dahulu telah melantik Andi Amran Sulaiman sebagai Menteri Pertanian dan Agus Subiyanto sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD).

Turut hadir dalam pelantikan ini, antara lain, Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo. (DK/UN)

Berita Terbaru