Diramaikan Atraksi Budaya, 3.308 Pasukan TNI dan Polri Diterjunkan Untuk Amankan Sail Karimata 2016

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 13 Oktober 2016
Kategori: Berita
Dibaca: 19.464 Kali

sail karimataPangdam XII Tanjung Pura Mayjen TNI Andika Perkasa, Kapolda Kalbar Irjen Pol Drs. Musyafak MM dan Komandan Lapangan Udara (Danlanud) Supadio Marsekal Pertama Tatang, melepas 3.308 pasukan TNI dan Polri untuk mengamankan Sail Karimata 2016, di Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat (Kalbar), yang puncaknya akan digelar pada 15 Oktober mendatang.

Acara pelepasan dilaksanakan di halaman Kodam XII Tanjungpura, Senin (10/10) pagi. Sebelum dilepas, Pangdam, Kapolri, dan Danlanud  mengecek satu persatu sarana operasional yang akan digunakan untuk mengamankan penyelenggaraan Sail Karimata 2016 itu.

Menurut Kapolda Kalbar Irjen Pol Drs. Musyafak MM,  jumlah sarana dan Prasarana Transportasi Polda Kalbar , yang akan digeser melalui darat dan laut antara lain, kendaraan roda enam 22 unit, truk 7 Unit, barracuda 7 unit mobil VIS 1 unit, mobil box 6 unit, derek 1 unit, kendaraan roda empat 23 unit, mobil APC 2 unit dan double cabin 7 unit, sedan 12 unit serta 2 mobil penerangan keliling.

Untuk mempercepat mobilisasi pasukan pihaknya juga akan  mengerahkan 56 unit sepeda motor terdiri dari motor trail Brimob 30 unit, motor trail Sabhara 20 personil dan motor besar 6 unit.

Atraksi Budaya

Pada puncak acara Sail Karimata 2016 di Kabupaten Kayong Utara akan menyuguhkan berbagai atraksi budaya, fashion carnaval, parade drum band, dragon boat race, pertunjukan seni, expo kuliner dan bazar, kompetisi permainan tradisional, kompetisi renang dan masih banyak lagi. Selain itu, puncak kegiatan Sail Selat Karimata yang akan dihadiri Presiden Joko Widodo tersebut, serta akan dimeriahkan oleh sebuah sendratari yang melibatkan 500 siswa, yang dipimpin oleh koreografer-koreografer kenamaan di Indonesia.

Pulau Karimata memiliki luas sekitar 77.000 hektare yang berstatus Suaka Alam Laut (SAL), menjanjikan keindahan bawah laut yang belum banyak dikenal oleh para pehobi kegiatan bawah laut di Indonesia. Di samping eksotisme taman lautnya, potensi landscape kepulauan yang dihuni oleh lebih dari 1.400 jiwa ini menawarkan pesona yang tidak kalah menawan.

Secara geografis, kepulauan ini berada di selat perairan antara Pulau Kalimantan dan Pulau Sumatera. Gugusannya terdiri dari dua pulau besar, yaitu Pulau Karimata dan Pulau Serutu, serta beberapa pulau kecil nan memesona, diantaranya Pulau Kelumpang, Pulau Buluh, Pulau Belian, Pulau Busung, Pulau Segunung, Pulau Genting, Pulau Serungganing dan Pulau Kera.

Karimata dapat dijadikan alternatif wisata laut di Tanah Air. Berbagai agenda akan digelar pada Festival Karimata di antaranya journalist trip, lomba memancing, lomba foto, lomba sampan nelayan, dan wisata kuliner yang hingga kini total pesertanya sudah sekitar 300 orang.

Sail Selat Karimata 2016 sendiri terdiri dari empat kegiatan, yakni, pertama: Seminar Nasional tentang Kemaritiman di Provinsi Jambi pada 25 Agustus 2016. Kedua, acara puncak akan dilaksanakan pada 15 Oktober mendatang di Kabupaten Kayong Utara. Ketiga, Festival Belitong pada 22 Oktober 2016 dan keempat Festival Bahari Kepri, 28 Oktober 2016.

(*/ES)

Berita Terbaru