Diresmikan, Jembatan Sigandul Diharapkan Perlancar Arus Lalu Lintas di Temanggung

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 1 September 2016
Kategori: Nusantara
Dibaca: 18.792 Kali

SigandulMenteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono meresmikan Jembatan Sigandul di Ruas Jalan Parakan – Batas Kabupaten Wonosobo, Temanggung Jawa Tengah, Rabu (31/8). Peresmian ditandai dengan penandatanganan batu prasasti oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Bupati Temanggung Bambang Sukarno.

Dalam sambutannya Menteri PUPR berharap agar Jembatan Sigandul itu bermanfaat bagi masyarakat Temanggung.  Ia menegaskan, pembangunan prasarana bukan untuk mengangkat popularitas tetapi untuk kepentingan rakyat. “Ini pola pikir yang harus dibangun,” ujarnya.

Kehadiran infrastruktur khususnya jalan dan jembatan, menurut Menteri PUPR, bertujuan untuk mendorong perkembangan aktivitas ekonomi, karena kelancaran transportasi pasti akan memperlancar kegiatan ekonomi kita.

Untuk itu Menteri PUPR mengucapkan terima kasih kepada 17 orang pemilik tanah yang telah ikhlas melepaskan kepemilikan tanahnya menerima uang ganti rugi untuk pembangunan jembatan tersebut.

Sebagai ucapan terima kasih, Menteri Basuki didampingi Gubernur Ganjar dan Bupati Temanggung secara simbolis memberikan ucapan terima kasih berupa sertifikat dan potongan tumpeng kepada sejumlah pemilik tanah tersebut.

Menteri PUPR berharap kehadiran Jembatan Sigandul  memperlancar arus kendaraan pada saat mudik nanti dan mengurangi jumlah kecelakaan. “Diharapkan jembatan ini bisa kurangi kecelakaan dan perlancar lalu lintas,” ujarnya.

Jembatan Sigandul dibangun untuk menggantikan jembatan lama yang berada diantara turunan tajam dari kedua arah dan berkelok. Badan jalan sekitar jembatan juga berpotensi tergerus karena terlalu dekat dengan tebing sungai.

Struktur Jembatan Sigandul baru menggunakan teknik pelengkungan beton bertulang. Total bentang jembatan adalah 100 meter dengan lebar 14,20 meter. Jembatan ini memiliki Pondasi Bore Pile di 84 titik dengan diameter 80 centimeter, kedalaman 14 meter untuk Abutment dan 18 meter untuk pilar.

Pembangunan Jembatan Sigandul dilaksanakan oleh PT Adhi Karya Persero setelah melalui proses lelang dengan nilai kontrak. (BKP Kementerian PUPR/ES)

 

 

Nusantara Terbaru