Dukung KTT Ke-43 ASEAN, Hyundai Siapkan 346 Unit Mobil Listrik

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 14 Agustus 2023
Kategori: Berita
Dibaca: 1.924 Kali

Serah terima 346 unit IONIQ 5 dan IONIQ 6 dari PT HMID ke Kemensetneg, Jumat (11/08/2023), di GIIAS 2023, Tangerang, Banten. (Foto: Humas Kemensetneg)

Pemerintah melalui Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) menerima 346 unit kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) berupa IONIQ 5 dan IONIQ 6 dari PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), Jumat (11/08/2023).  Serah terima kendaraan yang akan digunakan sebagai kendaraan operasional Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-43 ASEAN pada September mendatang ini dilakukan di stan Hyundai Horizon of Innovation pada ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show 2023 (GIIAS 2023), Tangerang, Banten.

Dalam sambutannya, Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), Setya Utama menyampaikan terima kasih atas dukungan Hyundai terhadap keketuaan Indonesia di ASEAN tahun 2023.

“Mobil ini akan digunakan untuk spouse (pasangan) para pemimpin negara-negara yang hadir. Kedua, untuk para menteri luar negeri negara ASEAN. Kemudian untuk para pasukan pengamanan (security) seperti paspampres,” kata Setya.

Setya mengatakan, pemerintah dan panitia nasional memiliki spesifikasi tertentu yang dibutuhkan terkait kendaraan resmi yang akan dipakai pada KTT, seperti desain eksterior maupun interior dan juga sisi kenyamanan. Begitu pula dengan kualitas baterai yang disesuaikan dengan daya tahan dan jarak tempuh.

“Akhir Agustus akan mulai dikirim dan akan diujicobakan oleh paspampres yang akan bertanggung jawab mengemudikan IONIQ 5 dan IONIQ 6. Mereka akan dilatih mengenai pengenalan fungsi kendaraan dan pengalaman berkendara bagi seluruh aparat yang mengendarai unit tersebut selama perhelatan ini. Tentunya kemudian akan disterilkan untuk digunakan pada KTT,” ujarnya.

Setya menambahkan, panitia nasional juga akan menyiapkan shuttle bus dan moda raya terpadu (MRT) sebagai fasilitas transportasi yang menghubungkan tempat akomodasi dengan lokasi acara yang mayoritas berada di kawasan Gelora Bung Karno (GBK).

Selain untuk KTT Ke-43 ASEAN, Hyundai juga menyediakan 208 unit kendaraan untuk KTT Archipelagic and Island States (AIS) yang akan dihelat di Bali pada Oktober mendatang. President Director HMID, Woojune Cha mengaku merasa bangga dapat berkontribusi dalam perhelatan KTT Ke-43 ASEAN dan KTT AIS 2023.

“Kami pun senang bisa meneruskan tren sinergi dengan pemerintah setelah sebelumnya kami turut menyediakan armada kendaraan untuk G20 dan ASEAN Summit 2023 di Labuan Bajo. Tidak hanya IONIQ 5, kami juga menyediakan armada kendaraan listrik keluaran terbaru Hyundai, IONIQ 6 sebagai kendaraan untuk pasangan delegasi VVIP.

Dukungan ini, lanjut Woojune Cha, juga merupakan wujud komitmen Hyundai terhadap visi dan misi negara mengenai sustainability.

“Hadirnya IONIQ 6 diharapkan mendukung kelancaran ajang internasional ini dan mendorong era elektrifikasi industri otomotif Indonesia, serta menjadi solusi mobilitas terbarukan untuk rakyat Indonesia,” tandas President Director HMID.

Sebelumnya pada penyelenggaraan KTT Ke-42 ASEAN di Labuan Bajo pada Mei 2023 lalu Hyundai juga telah memberikan dukungan berupa 117 unit IONIQ 5. Sedangkan pada penyelenggaraan KTT G20 di Bali pada tahun 2022 lalu Hyundai menyediakan 450 unit mobil listrik yang mencakup Genesis Electrified G80 dan Hyundai IONIQ 5 sebagai kendaraan resmi bagi para delegasi. (HUMAS KEMENSETNEG/UN)

Kunjungi laman resmi Kemensetneg melalui tautan ini.

Berita Terbaru