Dukung Penguatan Ekosistem Dunia Penyiaran, Setkab Terima Penghargaan dari KPI

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 24 Juni 2024
Kategori: Berita
Dibaca: 83 Kali

Sekretariat Kabinet (Setkab) diwakili Deputi Bidang Polhukam Purnomo Sucipto menerima penghargaan dari Komisi Penyiaran Pusat (KPI) atas kontribusi dalam pengembangan industri penyiaran di tanah air, bertempat di Nusantara Hall I ICE BSD, Tangerang, Banten, Senin (24/06/2024). (Foto: Humas Setkab/Jay)

 

Sekretariat Kabinet (Setkab) menerima penghargaan dari Komisi Penyiaran Pusat (KPI) atas kontribusi dalam pengembangan industri penyiaran di tanah air. Penghargaan diserahkan secara langsung oleh Ketua KPI Pusat Ubaidillah kepada Sekretaris Kabinet yang diwakili oleh Deputi Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Purnomo Sucipto, di Nusantara Hall I ICE BSD, Tangerang, Banten, Senin (24/06/2024) sore. Penghargaan diberikan dalam acara Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) KPI 2024 dan Peringatan Hari Penyiaran Nasional (Harsiarnas) ke-91 bertema ‘Penyiaran Indonesia Tumbuh Kuat dengan Harmoni’.

“Kita berbangga dan bersyukur dapat penghargaan, berarti Setkab dinilai mendukung kerja-kerja dunia penyiaran, mendukung kerja-kerja KPI (Komisi Penyiaran Indonesia) dan KPID (Komisi Penyiaran Indonesia Daerah),” ungkap Purnomo usai menghadiri Pembukaan Rakornas KPI 2024 dan Peringatan Harsiarnas ke-91.

Ia berharap ke depan Setkab dapat lebih memaksimalkan tugas dan fungsinya dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan sesuai dengan bidangnya masing-masing. Menurutnya, KPI dan KPID termasuk ke dalam komponen pemerintahan yang perlu mendapatkan dukungan dari Setkab.

“Dunia penyiarannya ini harus didukung keberadaannya untuk menghadapi era digital. Jadi ini semacam masa transisi bagi dunia penyiaran yang konvensional menuju ke penyiaran yang digital, dan itu, transisi itu mesti didukung oleh kita semua,” kata Deputi Polhukam.

Purnomo menjelaskan, Setkab dapat memberikan kontribusi terhadap dunia penyiaran, yaitu dukungan terhadap keberadaan KPID yang terkait anggaran dan kesekretariatan, dukungan reevaluasi terhadap regulasi terhadap definisi penyiaran, serta dukungan dalam hal sinergi kelembagaan.

“Kita Setkab mendorong kementerian/lembaga untuk mendukung kerja-kerja dari KPI dan KPID serta dunia penyiaran secara keseluruhan,” tegasnya.

Sebagai informasi, perwakilan 12 K/L termasuk Setkab turut menerima penghargaan dari KPI, yaitu Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), Kementerian Agama (Kemenag), Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkomifo). Ada pula Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Kemen PPN/Bappenas), Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB), Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPA), Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (Kemeninves/BKPM), dan Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Acara ini juga dihadiri oleh Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin yang memberikan sambutan sekaligus membuka Rakornas. Turut hadir Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPA) Bintang Puspayoga, Ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat Ubaidillah, Ketua Komisi I DPR RI Meutya Viada Hafid, dan Pj. Gubernur Provinsi Banten Al Muktabar. (TGH/ABD)

Berita Terbaru