Dukung Penguatan Pengolahan Informasi, Setkab Gelar Bimtek Pembuatan Infografis

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 24 November 2016
Kategori: Berita
Dibaca: 24.739 Kali
Asdep Humas dan Protokol Setkab Alfurkon Setiawan membuka Pembuatan Infografis, di kantor Setkab, Kamis (24/11) siang. (Foto: Rahmat/Humas)

Asdep Humas dan Protokol Setkab Al Furkon Setiawan membuka Pembuatan Infografis, di kantor Setkab, Kamis (24/11) siang. (Foto: Rahmat/Humas)

Kemajuan teknologi informasi dewasa ini menuntut hubungan masyarakat (humas) pemerintah untuk terus-menerus meningkatkan kualitas kemampuan dan pengetahuan, khususnya di bidang keterampilan dan keahlian teknologi informasi. Untuk itulah, Sekretariat Kabinet menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pembuatan Infografis.

“Kami menyelenggarakan bimtek ini adalah untuk mendapatkan pengetahuan tentang bagaimana mengilustrasikan informasi yang sangat tekstual untuk dapat dibuat infografis secara sederhana dan terkonsep,” kata Asisten Deputi (Asdep) Bidang Hubungan Kemasyarakatan dan Protokol, Al Furkon Setiawan, saat membuka Bimtek tersebut, kantor Setkab, Jakarta, Kamis (24/11) siang.

Asdep Bidang Humas dan Protokol Setkab meyakini, dengan adanya ilustrasi informasi dalam bentuk infografis, dapat memudahkan pembaca untuk memahami data dan informasi dengan jelas untuk disebarluaskan melalui website dan media sosial Setkab RI.

Bimtek pembuatan infografis yang diinisiasi oleh Asisten Deputi Bidang Hubungan Kemasyarakatan dan Protokol, Deputi Bidang Dukungan Kerja Kabinet, Sekretariat Kabinet ini diikuti sekitar 20 orang pejabat dan pegawai di lingkungan Sekretariat Kabinet.

“Harapan kami setelah bimtek ini selesai, peserta mampu memahami dan menguasai teknik pembuatan infografis, dan mampu mengolah hasil liputan dan menyebarkannya melalui website dan media online lainnya,” tambah Al Furkon.

Secara detail, peserta diharapkan dapat memahami optimalisasi infografis dengan menggunakan software yang mendukung pembuatan infografis; memiliki kemampuan dalam mendesain informasi, menyederhanakan tampilan data dengan logis dan akurat, serta membuat visualisasi data/proses data dengan jelas, serta mampu membuat infografis yang memudahkan pembaca memahami informasi/data.

Hadir sebagai narasumber dalam bimtek ini adalah Andi Muslim, Koordinator Satgasus Government Public Relations, Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Selain menyampaikan materi tentang pembuatan infografis, peserta juga berkesempatan melakukan simulasi langsung pembuatan infografis.

“Memang sudah ada pemikiran-pemikiran yang menunjang bahwa kebutuhan untuk menampilkan informasi dalam bentuk visual. Dan memang sekarang gaya komunikasi seperti itu,” ujar Andi Muslim menjelaskan mengapa pendekatan-pendekatan komunikasi melalui infografis penting untuk dilakukan.

Lebih lanjut, disampaikan Andi Muslim bahwa trend ke depan akan semakin berat, terutama tuntutan bagi yang bekerja dan bergerak di bidang kehumasan. (RMI/RAH/ES)

Berita Terbaru