DWP Setkab Selenggarakan Webinar Ketahanan Perempuan

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 17 Desember 2021
Kategori: Berita
Dibaca: 597 Kali

Penasihat DWP Setkab Endang Nugrahani Pramono Anung dan Stafsus Presiden Angkie Yudistia pada webinar “Membangun Ketahanan Perempuan Indonesia Melalui Kesehatan Mental dan Pemulihan UMKM”, Jumat (17/12/2021) pagi. (Sumber: Tangkapan Layar Aplikasi Zoom)

Dharma Wanita Persatuan (DWP) Sekretariat Kabinet (Setkab) menyelenggarakan webinar dengan tema “Membangun Ketahanan Perempuan Indonesia Melalui Kesehatan Mental dan Pemulihan UMKM”, Jumat (17/12/2021) pagi.

Pemilihan tema kegiatan ini sejalan dengan tema hari ulang tahun (HUT) DWP ke-22 yang jatuh pada tanggal 17 Desember 2021 dan menitikberatkan kepada kepedulian kesehatan mental perempuan Indonesia selama COVID-19.

“Webinar ini dilaksanakan dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke-22 Dharma Wanita Persatuan. Dengan webinar ini kita akan memahami bahwa peran perempuan sejatinya tidak hanya membangun diri dan keluarga, tetapi juga membangun masyarakat dan negara. Negara akan kuat jika ada perempuan kuat di dalamnya,” kata penasihat DWP Setkab Endang Nugrahani Pramono Anung.

Di masa pandemi COVID-19, perempuan juga mempunyai peran penting dalam pencegahan dan penanganan pandemi COVID-19 terutama pada klaster keluarga.

“Sebab, sebagai seorang ibu dan istri akan berupaya keras untuk memastikan seluruh anggota keluarganya dalam keadaan baik dan sehat,” imbuh Hani.

Ia juga menyampaikan peran perempuan pada bidang ekonomi terutama dalam sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Peran yang semakin signifikan terlihat dari banyaknya UMKM milik perempuan dan pekerja UMKM yang mayoritas adalah perempuan.

Lebih lanjut Hani menambahkan, hal tersebut menjadi latar belakang DWP Setkab menyelenggarakan webinar ini, yaitu untuk menggali cara membangun ketahanan perempuan, menjaga kesehatan mental, serta menggali minat kewirausahaan bagi perempuan.

Di akhir sambutannya Hani pun mengungkapkan, di masa pandemi COVID-19 ini, diperlukan peran perempuan yang lebih besar lagi agar UMKM dapat segera tumbuh.

“Peran perempuan yang luar biasa tersebut tentunya tidak terlepas dari kekuatan dan kesehatan mental yang dimiliki perempuan, sehingga perempuan dapat berkontribusi, produktif, dan bermanfaat tidak saja bagi keluarga dan masyarakat tapi juga untuk negara,” tuturnya.

Webinar DWP Setkab kali ini menghadirkan narasumber Staf Khusus (Stafsus) Presiden Angkie Yudistia yang berbagi tentang pemberdayaan bagi penyandang disabilitas, salah satunya pada sektor UMKM. (FID/AIT/ST)

Berita Terbaru