F1 Powerboat (F1H2O) World Championship Tahun 2023, di Danau Toba, Provinsi Sumatera Utara, 26 Februari 2023

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 26 Februari 2023
Kategori: Keterangan Pers
Dibaca: 1.730 Kali

Keterangan Pers Presiden Jokowi setelah Menyaksikan F1 Powerboat (F1H2O) World Championship Tahun 2023, 26 Februari 2023

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Iya, saya bicara apa adanya ya. Ini sebuah event yang sangat seru sekali dan saya juga baru pertama kali melihat F1 Powerboat ini. Kita harapkan event-event internasional ini bisa membangun brand setiap daerah di sini: di Danau Toba ada F1 Powerboat, nanti di Mandalika ada MotoGP, di Jakarta ada Formula E, nanti di Mandalika ada Superbike. Saya kira ini akan men-trigger ekonomi di daerah. Sangat bagus sekali.

Wartawan
Pak, potensi sports tourism di Indonesia ini kan  sangat besar sekali ya. Apakah ada misalnya event-event yang akan dilaksanakan di destinasi super prioritas lainnya, selain Danau Toba?

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Iya semua kita jajaki, semua kita jajaki, karena akan membawa brand-brand kuat seperti F1 Powerboat ini juga tidak mudah. Kita juga ingin menarik Formula 1 untuk juga masuk ke Indonesia, mungkin tahun depan. Ini baru-baru penjajakan, baru menyiapkan tim untuk menuju ke sana ya.

Wartawan
Pak, ada kemungkinan enggak nanti akan ada pembalap atau tim Indonesia yang akan ikut gitu?

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Pada tahapan-tahapan selanjutnya seperti itu, misalnya MotoGP, kita mau tidak mau juga karena sudah rutin pasti akan menyiapkan. Di sini juga sama, kayak F1 Powerboat ini juga sama, kalau nanti beberapa event kita akan bisa memiliki tim-tim seperti yang tadi kita lihat. Tapi, paling tidak ini bisa memberikan event besar pada destinasi-destinasi wisata super prioritas di negara kita.

Wartawan
Pak kalau infrastruktur akomodasinya apakah di sini juga akan disiapkan? Kan ada beberapa penonton yang berkemah di sini, karena tidak mendapatkan akomodasi.

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Itulah yang tadi saya sampaikan akan men-trigger pertumbuhan ekonomi kalau ramai terus seperti ini nanti dalam satu, dua, tiga akan muncul pasti pembangunan hotel baru, karena memang dibutuhkan, akan ada restoran-restoran baru, akan muncul pertumbuhan ekonomi di daerah-daerah wisata super prioritas.

Wartawan
Pak Jokowi ada pembalap favorit enggak dari  peserta tadi?

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Tadi ada yang cewek, Stromoy, yang tadi saya sampaikan, ternyata dia juga seorang penyanyi, musisi penyanyi yang baik di negaranya.

Wartawan
Dengan wisatawan yang akan semakin banyak ke Danau Toba, apakah pemerintah akan memastikan bahwa Danau Toba dapat menjadi mata pencaharian dari warga di sekitar sini?


Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Masih banyak yang perlu kita perbaiki di wilayah Danau Toba ini:  infrastrukturnya, terminal airport-nya, yang untuk F1 Powerboat ini saja ini masih banyak kekurangan yang harus diperbaiki. Saya kira semuanya butuh waktu, semuanya butuh proses, tidak langsung bisa langsung ujug-ujug. Oh, ini jalannya ternyata kurang gede. Oh, apron untuk parkir pesawat ternyata juga kurang gede. Baru ketahuan kalau ada event-event besar seperti ini dan saya kira wajar akan terus diperbaiki. Semuanya butuh proses.

Keterangan Pers Terbaru