Forum Tematik Bakohumas Bersama-sama Sosialisasikan Amnesti Pajak

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 11 Agustus 2016
Kategori: Berita
Dibaca: 20.044 Kali

01_Kenapa-Tax-AmnestyKementerian Keuangan bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan forum tematik Bakohumas untuk mensosialisasikan kebijakan Amnesti Pajak (Tax Amnesty): Ungkap, Tebus, Lega, di Gedung Juanda I, Kementerian Keuangan RI, Kamis (11/08).

Dalam pengarahannya, Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan, Hadiyanto mengatakan bahwa kebijakan-kebijakan pemerintah khususnya berkenaan dengan tax amnesty dapat disampaikan melalui saluran-saluran komunikasi termasuk di Kementerian/Lembaga yakni melalui Bakohumas.

“Kita perlu menjaga momentum amnesti pajak selama sembilan bulan periode pelaksanaan untuk menciptakan top of mind awareness“, kata Hadiyanto.

Menurut Hadiyanto, amnesti pajak adalah penghapusan pajak yang seharusnya terutang, tidak dikenai sanksi administrasi perpajakan dan sanksi pidana di bidang perpajakan dengan cara mengungkap harta dan membayar uang tebusan.

“Terdapat 6 (enam) keuntungan dari Amnesti Pajak, antara lain 1) penghapusan pajak yang seharusnya terutang; 2) tidak dikenai sanksi administrasi dan sanksi pidana perpajakan; 3) tidak dilakukan pemeriksaan, pemeriksaan bukti permulaan dan penyidikan; 4) penghentian proses pemeriksaan, pemeriksaan bukti permulaan atau penyidikan; 5) jaminan rahasia, data pengampunan pajak tidak dapat dijadikan dasar penyelidikan dan penyidikan tindak pidana apapun; dan 6) pembebasan pajak penghasilan untuk balik nama harta tambahan”, ujar Hadiyanto.

Dalam kesempatan tersebut, sebelumnya Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, Dra. Rosarita Niken Widiastuti, dalam pengarahannya mengatakan bahwa peran Humas Pemerintah sangat dibutuhkan untuk menyebarluaskan kebijakan-kebijakan strategis pemerintah, salah satunya adalah Amnesti Pajak.

“Forum Tematik Bakohumas ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman publik tentang Amnesti Pajak”, kata Widiastuti.

Untuk menunjang keberhasilan Kabinet Kerja, menyerap aspirasi, dan mempercepat penyampaian informasi tentang kebijakan dan program pemerintah, sesuai dengan Instruksi Presiden (Inpres) No.9 Tahun 2015, menurut Widiastuti, forum tematik Bakohumas sangat berperan penting untuk mensosialisasikan dan memberikan pemahaman yang tepat tentang Amnesti Pajak kepada masyarakat.

“Peran Media sangat penting, Humas dapat menumbuhkan optimisme kepada masyarakat. Jadi rasa optimisme harus kita bangun”, tutur Widiastuti.

Widiastuti meminta agar situs web pemerintah yang ada di Kementerian/Lembaga hendaknya memberi ruang untuk Amnesti Pajak, yaitu dapat melalui videotron atau iklan-iklan tentang Amnesti Pajak, dengan begitu Amnesti Pajak akan sukses, pembangunan Indonesia akan maju

Forum tematik Bakohumas tersebut dihadiri oleh 150 peserta yang terdiri dari para pejabat dan praktisi kehumasan dari kementerian/lembaga. (MA/SM)

 

Berita Terbaru