Gantikan Marciano, Presiden Jokowi Calonkan Sutiyoso Sebagai Kepala BIN

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 10 Juni 2015
Kategori: Berita
Dibaca: 29.338 Kali
Sutiyoso

Sutiyoso

Selain mengajukan nama Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Gatot Nurmantyo sebagai calon Panglima TNI, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga telah berkirim surat kepada pimpinan DPR-RI untuk pengajuan nama mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyo atau Bang Yos sebagai calon Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) menggantikan Marciano Norman.

Soal pengajuan nama Ketua Umum Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) sebagai Kepala BIN itu diungkap langsung oleh Ketua DPR-RI Setya Novanto kepada wartawan di Gedung DPR-RI, Jakarta, Rabu (10/6) pagi.

“Tadi malam sudah komunikasi langsung dengan Presiden, pada saat di Solo, yaitu pergantian panglima TNI ke Gatot, dan sudah menerima surat termasuk masalah Kepala BIN. Ini yang sudah beliau tunjuk adalah pak Sutiyoso menggantikan pak Marciano,” kata Setya Novanto.

Menurut Ketua DPR-RI itu, surat Presiden Jokowi mengenai pencalonan Jenderal Gatot Nurmantyo sebagai Panglima TNI dan Sutiyoso sebagai Kepala BIN itu akan dibawa ke rapat Badan Musyawarah sebelum dibawa ke rapat paripurna DPR-RI, dan selanjutnya dilakukan uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test)nya.

“Nanti secara prosedur akan fit and proper test di Komisi I. Semua berjalan, dan mudah-mudahan semua lancar karena hak prerogatif Pak Presiden,” papar Novanto. (*/ES)

 

Berita Terbaru