Garuda Batalkan 32 Penerbangan Di Bali, Angkasa Pura Siapkan Bus Alternatif

Oleh Alfurkon Setiawan
Dipublikasikan pada 4 November 2015
Kategori: Berita
Dibaca: 18.834 Kali
ngurah ray clossed

Courtesy CNN Indonesia

Akibat penutupan bandara pascaerupsi Gunung Barujari di Lombok, Nusa Tenggara barat (NTB), maskapai penerbangan Garuda Indonesia membatalkan 32 jadwal penerbangan baik domestik maupun internasional dari Denpasar, Bali.

“Penerbangan yang batal tersebut merupakan gabungan penerbangan yang sebelumnya sempat tertunda,” kata General Manajer PT Garuda Indonesia Cabang Denpasar, Bali, Syamsuddin, di Kuta, Kabupaten Badung, Rabu (4/11).

Menurut dia, 32 jadwal penerbangan Garuda tersebut sebagian besar tujuan Jakarta dan Surabaya untuk tujuan domestik sedangkan internasional ke beberapa kota di Australia, Jepang, Tiongkok dan Korea Selatan.

Dia menjelaskan bahwa pihak maskapai mengarahkan para calon penumpang itu untuk merubah jadwal keberangkatannya mengingat belum ada kepastikan terkait situasi terkini dari letusan anak Gunung Rinjani itu.

Pihaknya juga masih menunggu pengumuman resmi dari regulator dan operator bandara setempat untuk membuat langkah selanjutnya.

Operator bandara setempat memutuskan penutupan bandara pada Selasa (3/11) sejak pukul 19.30-23.30 WITA.

Siapkan Bus

Smentara itu, PT Angkasa Pura I Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, Bali, menyiapkan empat bus alternatif untuk melayani calon penumpang pesawat yang gagal berangkat akibat penutupan bandara menyusul erupsi Gunung Barujari.

“Kami siapkan empat bus kepada calon penumpang yang ingin menempuh jalan darat,” kata General Manager PT Angkasa Pura I Bandar Udara Internasional Ngurah Rai Trikora Harjo ditemui di Terminal Keberangkatan Internasional bandara setempat di Kuta, Kabupaten Badung, Rabu (4/11).

Dia menjelaskan empat bus itu disiapkan untuk melayani para calon penumpang, khususnya domestik, yang ingin menempuh jalan darat melalui Terminal Ubung di Denpasar dan Pelabuhan Padangbai di Kabupaten Karangasem.

Bus alternatif itu diberikan gratis bagi para calon penumpang, melalui kerja sama dengan bus TransSarbagita.

Penutupan itu menyebabkan 692 jadwal penerbangan, baik domestik maupun internasional, dibatalkan dengan ribuan penumpang menumpuk di salah satu bandara tersibuk di Tanah Air itu. (Ant/ES)

Berita Terbaru