Gelar Festival Bahari, Gubernur Kepri Ajak Masyarakat Berpartisipasi Sukseskan Sail Karimata

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 14 Juli 2016
Kategori: Nusantara
Dibaca: 13.654 Kali
Gubernur Kepri Nurdin Basirun (kanan)

Gubernur Kepri Nurdin Basirun (kanan)

Masyarakat Kepulauan Riau (Kepri) dengan latar belakang berbagai profesi pekerjaan bisa mengambil bagian dalam mendukung serta mensukseskan kegiatan Sail Selat Karimata 2016. Gubernur Kepri  Nurdin Basirun menunjuk contoh, misalnya tukang becak  bisa ikut ambil bagian  dengan memberikan pelayanan ekstra. Dan hal ini tentu akan berdapak terhadap ekonomi.

Dengan potensi wisata bahari Kepri yang mendukung untuk dijadikan salah satu spot pelaksanaan Sail Selat karimata 2016. Gubernur berharap masyarakat benar-benar bisa memaksimalkan ini untuk mendulang kesempatan yang ada dengan maksimal, sepeti pedagang kecil, tukang becak dan lainnya.

“Seluruh potensi wisata bahari yang ada  di kabupaten/kota dan tersebar di seluruh wilayah Kepri harus ikut mendukung suksesnya acara Sail Selat Kalimata, “pinta Nurdin Basirun saat memberikan sambutan terkait persiapan Festival Sail  Selat Karimata di Gedung Daerah, Rabu (14/7).

Seperti di ketahui Sail Selat Karimata 2016 adalah program tahunan yang sudah digagas Pemerintah Pusat dan sudah berlangsung sejak tahun 2009. Khusus untuk tahun 2016 ini, pelaksanaan Selat Sail Karimata dilaksanakan secara bersama dengan gabungan kepanitiaan yang melibatkan 4 Provinsi, yaitu Provinsi Kalimantan Barat, Riau, Jambi dan Kepri sendiri.

Khusus Kepri nanti akan menjadi tuan rumah untuk festival bahari. “Ini adalah festival pertama. Dimana Kepri akan menjadi tuan rumah untuk kegiatan festival bahari,” jelas Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepri Guntur Sakti seraya menambahkan, khusus untuk festival bahari Kepri, akan ada rangkaian kegiatan utama yang nantinya akan dihadiri langsung Presdien RI Joko Widodo.

Rangakaian kegiatan tersebut diantaranya, pada tanggal 29 Oktober bertepatan dengan puncak Festival Bahari Kepri pada sore harinya akan digelar Orkestra Senja di halaman Gedung Tourits Informarion Center atau gedung gongong di pelataran tepi laut.

Dilanjutkan malam harinya akan dilanjutkan dengan menyaksikan parade kapal hias yang akan melintas di tepi laut. Dimana nantinya para peserta akan melintas di hadapan Presiden Joko Widodo dan rombongan yang hadir.

Puncaknya ditandai dengan pelepasan lentera udara atau sky lantern bertempat di gudang minyak Marina.

Adapun rangkaian kegiatan Festival Bahari Kepri dimulai dari tanggal 20 Oktober yang diawali dengan kegiatan Eco Heroes yakni kegiatan gotong royong masal oleh 1200 anggota kelompok sadar wisata dan aparat keamanan.

Selanjutnya tanggal pada 21 samapi 23 Oktober dilakukan dragon boat race di Sungai Carang Tanjungpinang. Diteruskan tanggal 26 sampai 30 Wonderful Indonesia Sailing dengan diikuti 100 kapal yacht asing yang akan melayari perairan Kepri.

Pada tanggal yang  sama bertempat di lapangan Dewa Ruci Tanjungpinang juga  dilaksanakan pameran Wonderful Kepri Expo. Dan pada 28 Oktober dilaksanakan Seminar Nasional Wisata Bahari diteruskan sore harinya event Kepri Carnival dengan tema kebaharian.

Tanggal 29 adalah puncak acara yang dihadiri Presiden RI Joko Widodo. Dan pada tanggal 30 Oktober akan ada Traditional dan Modern Games. Itulah rangkaian yang akan digelar selama Festival Bahari Kepri, tambah Naharudin selaku Ketua Umum Festival Bahari Kepri. (Humas Kepri/ES).

Nusantara Terbaru